Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Spiritualitas dengan One Day One Juz

Diperbarui: 25 April 2021   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Republika.co.id

Bulan suci Ramadhan selalu ditunggu kedatangannya oleh umat muslim karena banyak sekali kebaikan di dalamnya. Tidak heran jika banyak umat muslim di seluruh belahan dunia berlomba-lomba untuk menjalankan amalan baik di bulan Ramadhan. Membaca Al-Qur’an adalah salah satu amalan baik di bulan Ramadhan yang mudah dan dapat dilakukan semua umat muslim di seluruh belahan dunia. 

Membaca Al-Qur’an juga menjadi sebuah ibadah yang akan mendatangkan pahala dan juga keberkahan. Al-Qur’an difirmankan langsung oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat jibril, dan diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari sejak 17 Ramadhan. Membaca Al-Qur’an memberi banyak manfaat maupun keutaman antara lain seperti:

1. Memberi Syafaat di Akhir

Ibadah puasa dan membaca Al-Qur’an adalah dua ibadah yang akan memberi syafaat di akhirat nanti. Sebagaimana diriwayatkan dari Abi Ishaq al-Hamdani berikut: 

"Ali bin Abi Thalib keluar di awal Ramadhan, lentera dinyalakan dan kitab Allah dibaca di masjid-masjid. Ali berkata: Semoga Allah menerangimu, wahai Umar dalam kuburmu, sebagaimana engkau telah menerangi masjid-masjid Allah dengan Al iQuran," (Riwayat Ibnu Syahin). 

2. Memberi kebaikan berlipat

Anjuran untuk membaca Al-Qur’an selama di bulan Ramadhan sebagaimana firman Allah sebagai berikut: 

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan." (QS. Al Baqarah ayat 185). Dengan membaca Al-Qur’an hikmah yang ada dan terkumpul di dalamnya dapat menjadi petunjuk jalan menuju kebaikan maupun kebenaran. 

3. Mendapat Ketengan Hati

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline