Lihat ke Halaman Asli

Mutiara Sagita Rahma

MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Mahasiswa PBSI FKIP Uhamka Melakukan Kegiatan PLP 2 di SMP PGRI 1 Cigombong

Diperbarui: 23 Februari 2022   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA melaksanakan kegiatan pengenalan lapangan persekolahan 2 atau bisa disebut juga dengan PLP 2. Kegiatan PLP kali ini terintegrasi dengan KKN dilakukan selama 1 bulan yang beranggotakan terdiri dari Muhammad Roja Asholih, Muhammad Jayyid Jiddan, Muhammad Iqbal, Mutiara Sagita Rahma, dan Diyah Arum Wahyuningsih dibantu oleh dosen pembimbing Dra. Ummul Qura, M.Pd.

Kegiatan PLP 2 di SMP PGRI 1 Cigombong berlokasi di Jl.Mayjen H.R Edi Sukma No.Km, Rw.24, Watesjaya, Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 11610.  Sebelum memulai kegiatan PLP 2 kami mendatangi sekolah terlebih dahulu untuk meminta izin dan melakukan sesi wawancara terkait sekolah serta pendamping guru pamong selama 1 bulan dengan kepala sekolah SMP PGRI 1 Cigombong (21/01/2022).  Beliau menanggapi hal ini dengan positif dan dengan senang hati memberikan izin terkait kegiatan PLP 2 yang akan di laksanakan di sekolah. Kegiatan proses belajar mengajar akan dimulai pada tanggal 24 Januari 2022 - 21 Februari 2022.

Selama masa pandemi sekolah SMP PGRI 1 Cigombong selalu menerpkan protokol kesehatan dan menerapkan 3 M (mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker). Pada masa transisi pandemi covid-19 ini SMP PGRI 1 Cigombong melaksanakan proses belajar mengajar dengan cara dibagi dua shift, yaitu kelas 8 dan 9A masuk pukul 07.30-10.45 sedangkan kelas 7 dan 9B masuk pukul 08.30-12.15.

PLP 2 ini bertujuan agar mahasiswa dapat terjun langsung dan dapat merasakan bagaimana proses belajar mengajar secara langsung. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman mengajar di dalam kelas yang sesungguhnya agar nantinya memiliki pembekalan ketika sudah lulus. Pengajaran ini didampingi oleh guru pamong di sekolah yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan adanya guru pamong kami dapat mengevaluasi setiap harinya mengenai kegiatan mengajar di kelas yang di lakukan. Evaluasi tersebut bertujuan agar kami dapat terus belajar dalam mengajar salah satunya seperti mempelajari berbagai macam karakteristik peserta didik dan penguasaan kelas saat proses kegiatan belajar mengajar secara langsung. Kami sebagai pengajar tentu harus mengetahui berbagai macam karakterisik peserta didik karena setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar pembelajaran yang diberikan dapat diterima dengan baik dan kegiatan ini memberikan pengalaman kepada kami untuk melihat secara langsung sikap dan ketekunan dari peserta didik yang kita ajar.

Menjelang HUT SMP PGRI 1 Cigombong kami diberi kesempatan untuk menjadi panitia dalam acara tersebut (2/02/2022). Acara di meriahkan dengan penampilan yang di bawakan oleh siswa dari kelas 7 sampai kelas 9.  Acara di mulai dengan sambutan dari Ibu kepala sekolah dan di lanjutkan dengan pembacaan puisi dari kelas 9, persemabahan lagu dari kelas 8 serta paduan suara dari siswi kelas 7. Acaranya berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik sampai selesai acara.

dokpri

dokpri

Selama satu bulan kami mengajar banyak hal positif yang di dapatkan, seperti ilmu yang di berikan oleh guru pamong dan guru-guru lainnya. Untuk kendala yang kami hadapi selama mengajar yaitu saat pertama kali kami memasuki kelas adanya rasa gugup, namun semakin hari kami sudah terbiasa.

Tidak terasa kegiatan PLP 2 berjalan selama satu bulan telah kami lakukan. Sebelum meninggalkan sekolah kami mengadakan acara pelepasan yang dilakukan dengan acara Nasi Tumpeng sebagai tanda atau ucapan terima kasih Kami karena sudah diterima dan dibimbing dengan baik oleh guru-guru di SMP PGRI 1 Cigombong.

Dengan adanya kegiatan PLP 2 ini mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA diharapkan siap menjadi pendidik yang dapat mengimplementasikan kompetensi yang dimilikinya sebagai guru professional yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline