Lihat ke Halaman Asli

Mutiara Rachmawaty Yusniar

Partipost Indonesia

Startup Asia Partipost Meraih Pendanaan 3.5 Juta USD untuk Mendorong Inovasi di Industri Pemasaran & Media

Diperbarui: 29 Juli 2020   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Pendiri Partipost (Kiri-Kanan) Tony Jen, Jonathan Eg, Benyamin Ramli.

Jakarta, 28 July 2020 - Partipost, crowd influencer marketing platform & commerce  yang paling cepat berkembang di Asia, telah mengamankan investasi sebesar 3,5 juta USD. SPH Ventures memimpin putaran pendanaan dengan partisipasi dari Quest Ventures dan investor lainnya. Pendiri dan CEO Partipost, Jonathan Eg, telah mengumpulkan basis investor dengan pengetahuan domain yang mendalam dengan konten, manajemen artis, data dan iklan, serta jaringan industri luas yang sangat penting untuk rencana ekspansi pasar. Salah satu investor awal Partipost juga ada seorang penyanyi/selebriti, Will Pan.

 

Sehubungan dengan investasi ini, Chua Boon Ping, CEO SPH Ventures akan bergabung dengan Dewan Direksi Partipost sebagai salah satu direktur dan Jeffrey Seah dari Quest Ventures akan bergabung sebagai pengamat.

Market Industri influencer marketing diprediksi untuk tumbuh menjadi 9,7 miliar USD pada tahun 2020 menurut sebuah laporan oleh Influencer Marketing Hub. Dana yang didapatkan akan digunakan untuk mengembangkan platform teknologi Partipost dan mempercepat ekspansi bisnis ke Vietnam, Filipina, dan Malaysia, serta memperkuat operasi saat ini yang berada di Singapura, Indonesia dan Taiwan.

Partipost adalah crowd influencer marketing platform yang mencocokkan brand dengan influencer dengan afinitas brand tertinggi untuk mendorong word of mouth marketing. Dengan adanya wawasan data yang dikumpulkan melalui polling dalam aplikasi ditambah dengan perilaku pengguna aplikasi, dengan menggunakan kerangka kerja yang berbasis  Partipost dapat mengumpulkan influencer dengan ukuran followers mulai dari beberapa ratus hingga jutaan followers. Berawal dari keakraban konsumen dan meningkatnya kepercayaan pada influencer marketing and commerce, Partipost memberikan reward kepada influencer berdasarkan jangkauan dan dampak yang mereka hasilkan dari konten media sosial yang sudah dikurasi dan diukur dengan melihat respon dari followers mereka.

Aktivitas konsumen digital yang menggunakan media sosial telah meningkat pesat dalam 2 tahun terakhir, ketika brand dan pemerintah mengarahkan hampir semua kegiatan marketing mereka secara online untuk dapat menargetkan generasi Milenial dan basis konsumen ekonomi digital yang sedang meningkat. Pandemi COVID-19 sendiri telah memperluas jangkauan pelanggan Partipost - mencakup MNC (Multi National Company) di beberapa negara maupun brand lokal terkemuka seperti Adidas, Arnott’s, Kellogg’s, Red Bull, Chope, Indofood hingga Gojek / GoPay.

Sejak diluncurkannya aplikasi Partipost pada tahun 2018, startup ini telah melihat rata-rata persentase pertumbuhan user dua hingga tiga digit setiap bulannya hingga lebih dari 200.000 influencer. Influencer sangat tertarik dengan alur kerja Partipost yang influencer-friendly dan koneksi klien yang luas. Dengan traksi yang cepat, Partipost telah mampu melalui 2.500 campaign influencer marketing untuk lebih dari 850 brand di seluruh market dalam 12 bulan terakhir. 

Secara detail, aplikasi Partipost memungkinkan brand untuk mengaktifkan ribuan influencer untuk satu campaign dalam 24 jam. Kecepatan market seperti itu yang sangat dicari oleh digital marketer yang menuntut reaksi instant terhadap pergerakan market mereka yang kompetitif melalui kegiatan yang disusun secara kontekstual dan tersegmentasi seperti "retaliation campaigns" - kombinasi yang tidak ditawarkan oleh penyedia layanan marketing dan periklanan tradisional maupun rumah produksi. Partipost berencana untuk mencapai lebih dari 1.000.000 influencer dalam 18 bulan ke depan.

Jonathan Eg, Pendiri dan CEO Partipost, mengatakan: “Putaran pendanaan terbaru kami akan memungkinkan Partipost untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik dan mengumpulkan lebih banyak data untuk membantu kami mencapai tujuan dan membantu brand terhubung pada crowd influencer yang tepat serta memberdayakan influencer dengan kemampuannya untuk semakin dihargai. Memiliki investor strategis, seperti SPH Ventures dan Quest Ventures, akan memberi kami keahlian dalam industri ini dan jaringan relasi untuk mewujudkan visi pertumbuhan kami lebih cepat.”

Chua Boon Ping, CEO SPH Ventures, mengatakan: "Social Influencer Marketing adalah salah satu segmen yang paling cepat berkembang dalam Digital Marketing. Karenanya, kami sangat bersemangat untuk memimpin putaran Seri A Partipost untuk lebih mempercepat pertumbuhannya. Kami terkesan dengan daya tarik Partipost yang kuat di Singapura, Indonesia dan Taiwan sebagai startup muda dan berharap dapat bermitra untuk meningkatkan skala ke market baru.”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline