Lihat ke Halaman Asli

Nurul Mutiara R A

TERVERIFIKASI

Manajemen FEB UNY dan seorang Blogger di www.naramutiara.com

Malam Minggu Artistik: Nonton Pekalongan Batik Night Carnival 2023, Yok!

Diperbarui: 1 November 2023   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu peserta Karnaval Batik Pekalongan 2023 (Foto: Nurul Mutiara R A)

Pekalongan lagi punya gawe. Dari tanggal 25-29 Oktober, diselenggarakan Pekan Batik Nusantara 2023 yang bertempat di Lapangan Mataram, Kota Pekalongan. 

Nah, salah satu rangkaian acara yang biasa ditunggu masyarakat adalah penyelenggaraan Pekalongan Batik Karnaval. Kali ini karnaval tidak dilakukan di siang hari, melainkan di malam hari sejak pukul 18.30 hingga 22.30 wib sehingga disebut Pekalongan Batik Night Carnival 2023 (PBNC) 

Karnaval batik bertajuk 'Kawijayan Nagari' itu memiliki rute dari GOR Jetayu hingga halaman Maybank di Jalan Diponegoro. So, penonton bisa memenuhi wilayah Jetayu atau pinggir jalan untuk menontonnya. 

Potret antusias masyarakat yang menunggu sejak pukul 18.30 (Foto: Nurul Mutiara R A)

Malam lalu, bertepatan dengan malam minggu. Pekalongan bukan hanya dipenuhi oleh pemuda-pemudi saja, tetapi juga tiap keluarga yang ingin meramaikan acara. Sayang, penyelenggaraan di malam hari dan tidak tepat waktu alias molor sehingga banyak orang memilih pulang. 

Di jadwal, harusnya pukul 18.30, namun kenyataannya, menjelang pukul 21.00, acara baru dimulai. Tak hanya itu, karena penyelenggaraan pada malam hari, sehingga hasil foto yang didapat tidak terlalu bagus akibat minim cahaya. 

Tipis-tipis nonton PBNC 2023

Sore itu, saya bersama adik datang ke lokasi dengan berjalan kaki. Jarak rumah kami tak terlalu jauh untuk menonton Festival Batik yang rutin diadakan tiap tahun itu. 

Pekalongan merupakan Kota Batik. Tak heran jika momen perayaan Hari Batik Nasional tiap bulan Oktober, menjadi pemantik terselenggaranya acara ini. 

Mulai dari SD, SMP, SMA hingga umum diminta untuk mewakilkan diri sebagai peserta karnaval. Tentu, ini diperlombakan untuk memperebutkan juara 1,2,3 dan harapan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline