Lihat ke Halaman Asli

Mutiara Margaretha Yaletha

makhluk hidup yang menempati sepetak tanah

Organisasi VS Akademisi: Menemukan Keseimbangan yang Ideal

Diperbarui: 16 November 2023   02:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi diolah melalui canva

Dalam perjalanan hidup yang penuh dengan peluang dan pilihan, seringkali kita dihadapkan pada keputusan apakah lebih penting untuk mengikuti organisasi atau fokus pada proses belajar. 

Meskipun kedua hal tersebut memiliki manfaatnya sendiri, penting bagi kita untuk menemukan keseimbangan yang ideal, yang akan membantu kita tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ketika saya menjadi seorang mahasiswa baru di salah satu Sekolah Tinggi Agama Islam yang berada di Jakarta Selatan, saya mendapatkan banyak sekali tawaran untuk mengikuti organisasi. 

Saat itu, hal yang pertama terlintas adalah saya harus menerima kesempatan untuk mengikuti organisasi di kampus agar mendapatkan banyak pengalaman dan pertemanan.

Awal masuk organisasi, saya disuguhi banyak wacana-wacana menarik yang menurut saya akan terasa menyenangkan jika wacana itu dilaksanakan. 

Tetapi, setelah dua bulan perkuliahan dan tugas-tugas berdatangan, saya mulai merasa kalau berorganisasi itu hanya membuat tugas terabaikan dan rasanya mulai membosankan.

Relasi pertemanan yang dijanjikan.. tapi ternyata orangnya itu lagi itu lagi, teman asrama lagi teman kampus lagi, tanpa mengikuti organisasi pun saya bisa mengakrabkan diri dengan banyak teman. It's a piece of cake, for me.

Pengalaman yang didapatkan.. inilah yang alhamdulillah benar-benar saya dapatkan, pengalaman membuat proposal, membuat surat, mengetahui apa saja persiapan dari suatu acara, dan masih banyak lagi. 

Walaupun minusnya adalah terkadang ada panitia yang tiba-tiba diculik genderuwo ke negeri antah-berantah.

Pada akhirnya, saya memutuskan untuk membuat blog di kompasiana atas saran dosen saya. Saat ini pun saya telah bergabung pada beberapa komunitas yang ada di kompasiana dan mengikuti acara-acara yang diadakan oleh komunitas tersebut. Di sini, saya belajar banyak hal dari penulis senior dalam bidang tulis-menulis dan saya sangat menikmatinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline