Lihat ke Halaman Asli

Mutiara Amanda

Undergraduate Anthropology Student at Universitas Airlangga

AI, Implementasi Perkembangan Peradaban Manusia Ditinjau dengan Teori Evolusi Budaya Leslie White

Diperbarui: 30 November 2022   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: The Economic Times

Manusia merupakan makhluk yang kompleks. Diberkahi dengan akal, manusia selalu bertanya-tanya akan segala hal. Dan jika pertanyaannya tidak terjawab, maka manusia akan mencari tahu jawaban dari pertanyaannya melalui berbagai cara. 

Sedangkan kebudayaan manusia bersifat dinamis, yakni berubah-ubah sesuai perkembangan zaman. Hal ini juga merupakan bentuk penerapan dari pemikiran manusia yang semakin modern seiring berkembangnya peradaban. 

Contohnya adalah kehidupan manusia di zaman praaksara yang terus berkembang dari waktu ke waktu, hingga saat ini. Perkembangan yang terjadi meliputi cara bertahan hidup, mencari makan, bertransportasi, menghasilkan barang, dll.

Fenomena ini dapat dikaji dengan melihat perkembangan teknologi dari perspektif teori evolusi budaya yang dipopulerkan oleh Leslie White. Evolusi sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah bentuk perubahan atau perkembangan dari yang sederhana menjadi kompleks, namun perkembangan itu biasanya membutuhkan proses yang lama. 

Paradigma yang berkorelasi dengan konsep evolusi ini adalah evolusionisme, yakni sebuah cara pandang yang menekankan pada perubahan yang lambat laun hingga menjadi sesuatu yang lebih baik dan lebih maju. Leslie White (1900-1975) mengartikan konsep evolusi budaya sebagai perkembangan efisiensi energi, yakni seberapa efisien suatu kelompok masyarakat menggunakan energi sehingga bisa dikatakan bahwa kebudayaan yang maju adalah bagaimana suatu masyarakat mampu memanfaatkan energi alam yang ada. 

Maka, perkembangan kebudayaan manusia yang pada awalnya berlangsung lambat, dapat maju dengan pesat disebabkan oleh kemampuan manusia dalam menguasai dan mengolah berbagai energi yang semakin lama semakin banyak dan berkembang.

Dunia yang sedang beranjak ke era 5.0 ini, telah banyak menciptakan inovasi yang merupakan wujud dari kemajuan pemikiran manusia dari zaman ke zaman. Salah satunya adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara pesat dan dinamis. Bahkan dapat dikatakan, manusia akan kesulitan untuk bertahan hidup tanpa bantuan teknologi di zaman ini. 

Dikatakan demikian karena sama seperti kebutuhan primer, teknologi telah melekat pada siklus hidup manusia dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhananya adalah keberadaan lemari pendingin untuk menyimpan makanan, kompor untuk memasak, lampu sebagai penerangan, dan teknologi domestik lainnya yang tersedia di rumah. 

ukti lain yang lebih signifikan yakni adanya ponsel genggam untuk berkomunikasi jarak jauh, transportasi yang memudahkan mobilisasi masyarakat, dan yang sangat terasa dampaknya pada kehidupan manusia adalah internet.

Penemuan internet seolah menjadi titik terang bagi skala kemajuan perkembangan teknologi yang sekarang dapat kita rasakan. Dari internet, banyak pula teknologi berbasis IT lainnya yang berhasil diciptakan dan terus berkembang. Contohnya adalah sistem Artificial Intelligence atau sistem kecerdasan buatan, yang "lahir" dari perkembangan internet dan teknologi informasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline