Pada dasarnya dalam mencari SDM yang berkualitas bagi perusahaan dibutuhkan nya sebuah rangkaian proses rekruitmen yang jelas dan efektif, karena melalui rekruitmen dapat mengetahui talenta-talenta yang dimiliki setiap SDM yang nanti nya akan dipilih sesuai dengan kultur dan budaya perusahaan sehingga lingkungan kerja akan menjadi selaras.
Jika kita lihat bahwa ketika proses rekruitmen terjadi banyak sekali potensi yang dimiliki oleh SDM itu di identifikasikan hanya membaca apa yang tertulis di dalam CV dan wawancara tidak dilakukan secara mendalam. Maka dari itu,banyak perusahaan yang memberikan fokus secara penuh kepada rangkaian rekruitmen untuk dilakukan nya perencanaan matang dan tepat agar tidak membuang waktu dan biaya dalam proses rekruitmen, mengurangi tingkat bad hiring atau turnover setelah perekrutan. Selain itu juga performa perusahaan di masa depan akan di tentukan melalui sumber daya manusia yang berkualitas.
Maka untuk mempermudah dalam merekruit orang baru, diperlukan nya asesmen yang digunakan untuk mengukur kemampuan dan mengumpulkan informasi penting terkait data kepribadian, keterampilan dan kemampuan SDM dalam beradaptasi terhadap lingkungan kerja, melakukan pekerjaannya jika berhasil di rekrut serta kontribusi apa saja yang akan diberikan dalam kemajuan perusahaan. Dengan kata lain dari adanya asesmen ini dapat mengevaluasi seberapa baik kepribadian dan cocok nya kompetensi sdm dengan pekerjaan yang sedang terbuka.Jika sudah rangkaian rekruitmen dilakukan maka tahap selanjutnya adalah proses seleksi. Dari adanya seleksi perusahaan mampu mendapatkan kandidat yang berkualitas yang akan dijadikan sebagai pegawai untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.
Transjakarta mengadakan sebuah program 100 Milions learners yaitu platfrom pelatihan secara daring untuk meningkatkan kualitas SDM transjakarta melalui akses-akses pelatihan yang berkualitas dan setara kepada seluruh karyawan dan pelanggan bus yang sudah dipasang scan QR pada setiap halte dan bus Transjakarta. Jika sudah menyelesaikan program pembelajaran akan mendapatkan sertifikat yang setara dengan 15 SKS pada perkuliahan.
Transjakarta sendiri sedang membuka sebuah lowongan pekerjaan untuk posisi sekretaris direktur,Pramudi dan Account Executive dengan persyaratan sebagai berikut:
1. Berkas Lamaran Standar
- Surat lamaran
- Riwayat Hidup
- KTP
- KK
- Ijazah
- SKCK yang berlaku selama 6 bulan terakhir
- Serta berkas pendukung lainnya
2. Kelengkapan Berkas yang di minta sesuai posisi yang ditetapkan
3. Surat keterangan bebas NARKOBA yang dikeluarkan oleh BNN atau RSKO
Kesimpulan
Dari adanya rekruitmen dan seleksi dalam pekerjaan akan menciptakan mekanisme yang efektif untuk dapat memilih sdm yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan membantu mengurangi risiko penempatan karyawan yang tidak cocok serta meningkatkan keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan.
Saran