Lihat ke Halaman Asli

Mutia Nisa

2330103020056_UPR Dosen pengampu : Puput Iswandyah Raysharie, SE., ME

Konsep dan Jenis Pendapatan Nasional

Diperbarui: 29 September 2023   19:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pendapatan nasional merupakan suatu perhitungan jumlah dana suatu negara yang di dapatkan melalu berbagai sumber yang di gunakan untuk kepentingan negara. Perhitungan pendapatan Nasional dilakukan guna memberi gambaran umum tentang tingkat kestabilan perekonomian negara tersebut. Pendapatan nasional dapat di hitung setelah mengetahui nilai dari beberapa unsur ekonomi seperti GDP dan GNP. 

Dalam artikel ini kita akan menjelajahi apa saja jenis pendapatan nasional serta memahami seberapa pentingnya pendapatan nasional itu.

1. Gross Domestik Product 

Gross Domestik Product ialah jumlah keseluruhan nilai pasar suatu negara dalam periode waktu tertentu. Dimana nilai barang dan jasa produk tersebut di hasilkan dari faktor-faktor Produksi negara yang bersangkutan. GNP sendiri mencakup semua kuantitas barang serta jasa warga negara tersebut, termasuk di dalam negeri ataupun yang tinggal diluar negeri. 

2. Gross National Product 

GNP memberikan informasi mengenai jumlah seluruh nilai pasar (barang dan jasa) di manapun barang dan jasa tersebut di hasilkan pada kurun waktu tertentu.

GNP menjadi tolok ukur pertumbuhan ekonomi dan sebagai alat ukurnya, pendapatan konsumen secara keseluruhan dapat dijadikan indeks untuk menjelaskan perubahan-perubahan yang terjadi pada pendapatan masyarakat. 

Rumus perhitungan GNP yaitu di mana GDP ditambah dengan pendapatan netto dari luar negeri. 

3. Net National Product 

NNP merupakan hasil dari perhitungan yaitu Gross National Product dikurangi dengan depresiasi atau yang lebih di kenal dengan penyusutan. 

Penyusutan itu sendiri ialah pengurangan barang barang lama karena seringnya terjadi penggunaan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline