Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Spirit Al Maun: Pemberdayaan Keluarga Nenek Robi dengan Usaha Warung Kecil-kecilan

Diperbarui: 6 Januari 2022   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa tahun belakang ini sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, termasuk keluarga yang kami temukan yaitu keluarga nenek robi. Nenek robi adalah seorang nenek yang berusia 72 tahun. Diusianya yang sudah rentan nenek robi masih semangat mencari barang bekas, tetapi karena adanya pandemi COVID-19 nenek robi tidak bisa mencari barang bekas dikomplek tempat biasa ia cari, karena adanya larangan masuk. Sehingga pendapatan nenek robi sangat kecil untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mutiah Sari Nasution dan Fika Rahmah merupakan mahasiswi Pendidikan Matematika UHAMKA yang ingin melakukan pemberdayaan kepada nenek robi.

Tujuan dari kegiatan pemberdayaan keluarga dhuafa ini adalah untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang diajarkan pada Teologi Al- Ma'un sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Pada Selasa, 4 Januari 2022 kami turun untuk menyalurkan bantuan kepada Nenek Robi yang beralamat di Jalan Al Husna Gg. H. Rhidi Rt.01/01 Jatikramat Kota Bekasi. Kami memberikan berupa uang tunai dan makanan untuk kebutuhan warung yang ingin dirintis.

Pemberdayaan yang dilakukan yaitu membantu Nenek Robi membuatkan usaha warung kecil-kecilan didepan rumahnya. Nantinya usaha warung kecil-kecilan nenek robi akan dibantu oleh cucunya.

Kami mengumpulkan dana melalui penyebaran proposal dan flayer ke media sosial. Dana yang terkumpul yaitu Rp. 1.100.000.

Dana yang sudah terkumpul, kami belikan untuk kebutuhan warung seperti makanan ringan, jajajan anak serta kebutuhan sehari-hari.

Dokpri

"Terima kasih kepada UHAMKA, Dosen, serta teman-teman mahasiswa. Saya doakan semuanya sehat, panjang umur, rezekinya lancar, sekolahnya lancar." Ucap Nenek Robi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline