Lihat ke Halaman Asli

Mutia Auliya

Mahasiswa

Mahasiswa KKN 30 Unwahas Gelar Kegiatan Penyuluhan Produktivitas Pertanian di Desa Kedungboto

Diperbarui: 28 Agustus 2023   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Penyuluhan Produktivitas Pertanian yang  merupakan Bentuk Program Kerja Unggulan Kelompok

Mahasiswa KKN 30 Unwahas menggelar acara kegiatan Penyuluhan Produktivitas Pertanian yang sekaligus merupakan bentuk dari program kerja unggulan kelompok dengan mengambil tema "Pembuatan Pupuk Organik dan Eco Enzyme Guna Penanggulangan Hama dan Penyakit pada Tanaman". Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 14 Agustus 2023 bertempat di Balai Desa Kedungboto dengan menghadirkan lima (5) peserta dari masing-masing dusun, Kepala Dusun dan juga Kepala Desa Kedungboto.

"Kami memilih Program Kerja Unggulan di bidang Pertanian dikarenakan sebagian besar penduduk atau warga di Desa Kedungboto ini mayoritas bekerja sebagai petani. Oleh karena itu, kami mengadakan acara kegiatan penyuluhan ini dengan mengambil konsep Gerakan menciptakan petani Tangguh untuk hidup Makmur dan sejahtera." ungkap Ketua Kelompok KKN Limbangan 05 Kedungboto (Azka Fahmi).

Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme dan Pupuk Organik bersama Kelompok Tani.

Bentuk Kegiatan dari penyuluhan produktivitas pertanian ini yaitu dengan membuat eco enzyme dan pupuk organik serta memberikan ilmu dan wawasan kepada kelompok tani terkait dengan penangggulangan hama dan penyakit pada tanaman.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut diadakan penyampaian materi dan pelatihan pembuatan eco enzyme dan juga pupuk organik oleh Wahyu Aditya S.P selaku founder dari Sekolah Berkebun Ceria.

Kegiatan Sesi Tanya Jawab.

Teknis dari penyuluhan tersebut yaitu 60 menit untuk penyampaian materi penanggulangan hama dan penyakit dari pemateri, 30 menit untuk sesi tanya jawab yang dimoderatori langsung oleh MC, serta 60 menit untuk praktik pembuatan eco enzyme dan juga pupuk organik bersama kelompok tani setiap dusun.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Penyuluhan Produktivitas Pertanian ini dapat bermanfaat bagi para kelompok tani di setiap dusun dan juga dapat menambah wawasan terkait dengan kegiatan di bidang pertanian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline