Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan Pranikah bagi Kesejahteraan Keluarga

Diperbarui: 13 Agustus 2022   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Melangkah ke pernikahan merupakan salah satu keputusan yang penting dalam perjalanan hidup seseorang. Butuh persiapan yang matang untuk menjalaninya. Mengenal diri dan mengenal pasangan adalah salah satu persiapan yang dibutuhkan agar hubungan berjalan Harmonis.

Pernikahan bukan lah suatu yang harus segara dilakukan dengan tergesa-gesa tanpa banyak pertimbangan. Pernikahan memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu membentuk suatu keluarga yang bahagia, kekal abadi berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pernikahan juga merupakan ikatan dalam upacara sakral yang menyatukan doa orang yang berasal darin latar belakang dan jenis kelamin yang berbeda, sehingga diperlukan pengarahan, bimbingan dan konseling oleh orang yang ahli di bidangnya, guna mencapai kebahagiaan lahir dan batin.

bimbingan pernikahan termasuk dalam bimbingan keluarga, yang merupakan upaya pemberian bantuan kepada individu sebagai pemimpin/ anggota keluarga agar mereka mampu menciptakan keluarga yang utuh dan harmonis, memberdayakan diri secara produktif, dapat menciptakan dan menyesuaikan diri dengan norma keluarga, serta berperan/ berpartisipasi aktif dalam mencapai kehidupan keluarga yang bahagia (Nurihsan, 2009: 17).

Hal ini dapat dilakukan konseling dengan beberapa pendekatan, diantaranya adalah pendekatan humanistik. Dan kita sebagai manusia harus saling mengingatkan bahwa Pendidikan pranikah sama penting nya dengan mengaja mental,hubungan keluarga dan Kesehatan, seperti yang saya bisa jelaskan dalam gambar-gambar berikut :

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

Berdasarkan gambar di atas ini bimbingan pranikah ini bisa mengurangi angka kasus perceraian yang terjadi di Indonesia, yang memang setiap tahun nya angka kasus perceraian semakin tinggi dan di harapkan juga untuk masyarakat di desa lebih banyak mengerti tentang bimbingan pranikah ini agar mempermudah informasi tentang bimbingan pranikah ini saya juga memberikan spanduk yang berisikan informasi terkait pranikah di desa agar setiap masyarakat di desa tersebut bisa melihat dan memudahkan informasi bisa di gapai oleh masyarakat di desa.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline