Hubungan pelanggan yang baik dan kuat akan memastikan bahwa mereka mempercayai dan mendengarkan Anda dan Anda akan puas dengan pekerjaan yang Anda lakukan untuk mereka. Selain itu, hal-hal yang lebih besar dan lebih baik berkembang dari hubungan tersebut, seperti proyek bisnis tambahan, rujukan ke klien lain, sehingga Anda dapat menaikkan harga layanan atau barang yang Anda tawarkan dengan percaya diri.
Namun, membangun hubungan yang kuat lebih dari sekadar memenuhi kontrak. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyenangkan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan lebih banyak pelanggan.
1. Bersikap Jujur
Kejujuran adalah hal terpenting yang harus dimiliki setiap orang, bahkan dalam kehidupan profesional. Kejujuran memungkinkan Anda untuk menjaga kepercayaan dan hubungan baik dengan pelanggan Anda. Memang, ada kalanya kamu sulit untuk jujur. Misalnya, Anda mengalami hambatan dalam proyek Anda dengan klien.
Jika Anda jujur kepada pelanggan tentang hambatan ini, reputasi Anda bisa sangat menderita. Namun, seperti dikutip Entrepreneur, pelanggan menghargai kejujuran Anda. Bahkan pelanggan Anda akan memahami hambatan ini dan dapat membantu Anda mengatasinya.
2. Pahami Kondisi klien
Sebelum Anda mulai bekerja dengan klien, ada baiknya memahami karakteristik dan aspek klien. Rumitnya disini bukan berarti harus tahu alamat dan keluarganyakan? Namun, setidaknya Anda harus mengetahui latar belakang dan tipe pelanggan. Pahami apa yang menjadi perhatian utama.
Misalnya, Rangga adalah seorang freelance writer. Kemudian melalui riset Rangga menemukan bahwa kliennya adalah orang yang sangat tertarik untuk menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ini akan memberi tahu bahwa itu membutuhkan lebih banyak perhatian dari Anda. Anda juga dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
3. Menjaga Komunikasi
Komunikasi memainkan peran penting dalam membangun hubungan pelanggan yang baik. Komunikasi yang baik dan koordinasi yang baik akan terhindari dari miss communication. Segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dan memberikan update terbaru agar pelanggan mengetahui perkembangannya. Selain itu, jika ada masalah, Anda juga bisa melaporkannya agar customer mengerti dan membantu memberikan solusi.