Lihat ke Halaman Asli

Muthia A

Learn and learn

Unit Pengabdian Indonesia Komunitas KKN Mandiri UMY di Dusun Kalikeji

Diperbarui: 12 Maret 2021   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Unit pengabdian Indonesia atau biasa disebut UP Indonesia adalah suatu komunitas pengabdian masyarakat dikampus universitas muhammadiyah yogyakarta yang dibentuk pada tahun 2017. Unit pengabdian indonesia dibentuk atas dasar kemanusiaan karena melihat dan mengetahui masih banyak daerah 3T di Indonesia. Unit pengabdian Indonesia mahasiswa Universitas Muhamadiyah Yogyakarta melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN), di Desa Bualakan, Dusun Kalikeji, Kecamatan Belik, Pemalang.

Program pembelajaran sekaligus pengabdian masyarakat ini dihelat selama satu bulan penuh, dari pertengahan Desember hingga pertengahan Januari 2021.

Ketua kelompok KKN mandiri UMY Abdi Robi Wicaksono, melakukan pemberangkatan menuju Pemalang dengan menggunakan kendaraan bermotor mengatakan, Dusun Kalikeji, Desa Bulakan, dijadikan sebagai lokasi KKN mendapatkan rekomendasi dari senior juga pernah menjadi lokasi untuk sosial projek sebelumnya kemudian tersinkronisasi dengan Unit Pengabdian Indonesia untuk daerah-daerah terisolir yang membutuhkan. Jum'at (12/3/21).

"Hari ini kami melakukan komunikasi awal dengan aparat disana, alhamdulillah pak kades merespon dengan baik dan menyambut hangat kedatangan kami," papar Abdi, ketua Unit Pengabdian Indonesia.

Ia pun menabahkan, " Kelompok kami pada awalnya sebanyak 23, tetapi dengan adanya pandemic sekarang ini banyak yang mengundurkan diri dan memilih untuk KKN online saja. Sehingga tersisakan 11 orang untuk mengabdi kepada masyarakat di Dusun Kalikeji, yang terdiri dari 3 perempuan dan 8 laki-laki. Kami akan melaksanakan pengabdian di Dusun Kalikeji dengan menerapkan program yang sudah dirancang berdasarkan hasil observasi sebelumnya," tuturnya.

Disambut Sigit Pujiono, Kades Bulakan, KKN mandiri diharapkan bisa membantu mengangkat kreativitas masyarakat dalam mengembangkan usaha, Kesehatan maupun Pendidikan dikalangan anak-anak. Sejalan dengan itu, program kerja yang dicanangkan berasal dari persoalan yang dihadapi masyarakat sehingga kehadiran mahasiswa bisa memberikan dampak yang positif.

Ditempat yang sama, khafif pudin pemuda Kalikeji, mengungkapkan apresiasi kepada rekan-rekan mahasiswa  yang telah ingin datang dalam rangka melaksanakan program KKN.

" Hal ini mejadi kali kedua, ada kelompok mahasiswa yang berkenan meelaksanakan KKN di dusun Kalikeji. Dari dulu, biasanya penempatan mahasiswa KKN selalu di dusun bawahan atau yang lainnya, sangat jarang sekali dusun kalikejji tersentuh oleh mahasiswa KKN ," ujar Khafif.

Kalikeji terkenal sebagai dusun yang mempunya banyak potensi wisata alamnya. Dia berharap kepada mahasiswa KKN UMY untuk dapat berpartisipasi dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada disana sehingga menjadi nilai jual yang dilihat oleh masyarakat diluaran sana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline