Lihat ke Halaman Asli

Muthia Aisyah

Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang

Tim KKN MBKM BKP MD UM 2022 Lakukan Pendampingan Pembelajaran di KB Surya Kencana dan Mulya Kencana XV Donomulyo, Malang

Diperbarui: 16 Desember 2022   06:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim KKN UM bersama Siswa - Siswi KB Surya Kencana dan Mulya Kencana XV, dok. pribadi

Tim Kuliah Kerja Nyata Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bentuk Kegiatan Pembelajaran Membangun Desa Universitas Negeri Malang (KKN MBKM BKP MD UM) tahun 2022 melakukan pendampingan belajar di Kelompok Bermain (KB) Surya Kencana dan Mulya Kencana XV. Pendampingan belajar ini dilaksanakan setiap hari Kamis -- Sabtu dimulai pukul 08.00 -- 09.30 WIB dengan menyesuaikan jadwal yang telah ditentukan.

Dalam proses pendampingan belajar ini, tim KKN UM membantu para guru dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa -- siswi KB adalah belajar mewarnai, belajar menulis huruf abjad, belajar menghafal warna, belajar mengaji, dan lain sebagainya. Rutinitas pembelajaran agama dilaksanakan setiap hari Jumat.

Sama dengan rutinitas di tingkat sekolah dasar, hari pertama masuk sekolah dimulai dengan dilaksanakannya upacara bendera. Dalam hal ini, siswa -- siswi sudah ditanamkan rasa cinta terhadap tanah air sejak dini. Kemudian di hari Jumat dan Sabtu, sebelum memasuki kelas dilaksanakan senam pagi terlebih dahulu.

Usia siswa -- siswi KB berkisar antara 3 -- 5 tahun. Usia tersebut merupakan usia yang paling tepat untuk memulai pembelajaran di dunia pendidikan. Karena KB merupakan salah satu sarana bagi anak -- anak untuk proses pertumbuhan dan perkembangan secara jasmani dan rohani melalui rancangan pendidikan yang sesuai dengan usia anak -- anak.

Proses Belajar Mengajar di KB Surya Kencana dan Mulya Kencana XV, dok. pribadi

"Kami atas nama seluruh guru mengucapkan terima kasih kepada tim KKN UM atas bantuannya dalam pembelajaran mewarnai dan keterampilan menulis di KB, sehingga anak -- anak memperoleh perhatian dari  berbagai pihak. Sukses selalu yaa mas dan mbak semoga dapat memberikan manfaat yang lebih banyak di masyarakat" ujar Luluk Kepala KB Surya Kencana dan Mulya Kencana XV.

 "Anak saya selalu semangat setiap kali masuk sekolah karena ingin segera bertemu dengan mbak dan mas. Bahkan setiap kali setelah pulang sekolah, anak saya selalu menceritakan kegiatan yang telah dilaksanakan bersama mbak dan mas. Dan anak saya sangat senang sekali". Ungkap salah satu wali siswa.

"Aku seneng mbak dan mas ada disini nemenin aku belajar mewarnai dan menulis, datang terus ya kesini. Aku merasa sepi kalo mbak dan mas ga ada disini. Terima kasih ya" ujar Arvin siswa KB Surya Kencana dan Mulya Kencana XV.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline