Lihat ke Halaman Asli

Membuang Sampah Sembarangan di Daerah Jakarta

Diperbarui: 11 Desember 2020   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dengan adanya perkembangan yang terjadi di Indonesia lebih tepatnya di kota Jakarta salah satunya ialah perkembangan sampah yang semakin hari semakin berserakan dan semakin menumpuk disudut jalan ataupun sungai. Kita harus tahu bahwa dengan adanya perkembangan pembuangan sampah sembarangan maka ada yang harus diatasi oleh siapapun yang ingin bersimpatik termasuk masyarakat sekitar. Masalah yang sangat diperhatikan di kota besar saat ini salah satunya ialah membuang sampah sembarangan itulah salah satu yang sering dilakukan oleh masyarakat sekitar. Hal ini bisa dilihat dari segi sampah yang berserakan dimana-mana. Membuang sampah sembarangan dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya ialah keterbiasaan orang dewasa atau orang tua yang melakukan hal ini seperti tidak membuang sampah ke tempat sampah sehingga anak-anak melihat dan mengikuti apa yang mereka lakukan.

Membuang sampah sembarangan merupakan salah satu keterbiasaan yang sering di lakulan oleh usia tua, muda atau bahkan anak-anak, banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan seperti banjir, menimbulkan wabahnya penyakit, bau tidak sedap dan tentunya kerusakan lingkungan sekitar.

Manfaat dari macam macam sampah ialah:

a. Sampah Organik

Sampah organik terdiri dari bahan tumbuhan atau hewan yang diambil dari alam dan dihasilkan melalui kegiatan pertanian, perikanan atau yang lain. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami. 

b. Sampah anorganik berasal dari sumber daya alam seperti mineral dan minyak bumi atau dari proses industri lainnya. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, dan sebagian besar hanya dapat diuraikan dalam jangka waktu yang cukup lama. jenis sampah  pada tingkat rumah tangga, misalnya seperti botol plastik, tas plastik, dan juga kaleng. Pengelolaan sampah adalah kegiatan yang dilakukan untuk menangani sampah sejak ditimbulkan sampai pembuangan akhir. kegiatan pengelolaan sampah meliputi pengendalian timbulan sampah, pengumpulan sampah, transfer, pengolahan dan pembuangan akhir. Secara umum pengelolaan sampah didaerah jakarta dilakukan melalui 3 tahap kegiatan, yaitu: 

1. Pengumpulan sampah dari tempat asal hingga ke tempat pembuangan sementara. Ditahapan ini kita menggunakan sarana bantuan berupa tong sampah, gerobak dorong maupun tempat pembuangan sementara. Untuk melakukan pengumpulan, umumnya melibatkan banyak tenaga yang mengumpulkan sampah setiap waktunya.

2. Tahapan pengangkutan dilakukan dengan menggunakan bantuan berupa alat transportasi tertentu menuju ke tempat pembuangan akhir. Pada tahapan ini kita juga melibatkan banyak tenaga untuk mengangkut sampah dari tempat pembuangan sementara ke tempat pembuangan akhir. 

3. Tahap pembuangan akhir, sampah akan mengalami pemrosesan baik secara fisik, kimia maupun biologis hingga tuntas. Pengelolaan Sampah menurut UU No 18 Tahun 2008 yaitu kegiatan penyuluhan sampah yang meliputi pengurangan sampah. Pengurangan sampah meliputi beberapa kegiatan: 

a. Pembatasan atas tumpukan sampah 

b. Mendaur ulang sampah 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline