Lihat ke Halaman Asli

MUSTIKHATUN KHASANAH

Berbagi senyuman untuk Dunia

Dibalik Cerita Kelahiran BAWANG-MAN SUPERHERO LOKAL

Diperbarui: 13 Maret 2021   14:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BAWANGMAN SUPERHERO LOKAL DARI BREBES/dokpri

Generasi muda saat ini sudah mulai terkikis oleh budaya barat, yang lebih memperihatinkan adalah ketika mereka menganggap budaya yang dari luar itu lebih baik dari pada budaya kita sendiri. lama kelamaan jika dibiarkan bisa-bisa anak cucu kita nanti akan alergi dengan budaya kita sendiri, 

kejadian-kejadian seperti itu membuat Alam Nuyah dan teman-temanya berpikir bagaimana caranya kita tetap mengenalkan budaya kita kepada generasa bangsa ini tetapi mereka itu tetap bangga, akhinya mereka berdiskusi dan menggali budaya yang ada di kabupaten Brebes, kemudian Alam Nuyah mengusulkan untuk membuat super hero lokal yang bernama  BAWANGMAN, 

Kemudian Alam Nuyah menjelaskan apa hubungannya BAWANG-MAN SUPERHERO LOKAL dengan budaya yang ada di Kabupaten Brebes.

1. BAWANG-MAN SUPERHERO LOKAL

Tentu kita semua tahu kalo ciri khas Kabupaten Brebes adalah Bawang Merah, maka dari itu aku ingin mengenalkan kepada generasi muda tentang budaya Kabupaten Brebes lewat BAWANG-MAN SUPERHER LOKAL karena nama BAWANG-MAN sendiri terinspirasi dari ciri khas Kabupaten Brebes yaitu Bawang Merah. 

2. NAMA TOKOH

  • Arya Suralaya adalah pemeran utama dari BAWANG-MAN SUPER HERO LOKAL, yang mempunyai kekuatan bisa membuat mata orang perih bakan buta sementara hanya dengan mengedipkan matanya dan mempunyai kekuatan setara dengan 10, 000 kekuatan tenaga kuda, nama Arya Suralaya Sendiri mengambil dari nama bupati pertama Kabupaten Brebes yaitu  Tumenggung Arya Suralaya disitu saya ingin menyisipkan nilai sejarah Kabupaten Brebes.
  • Rogolan adalah musuh dari BAWANG-MAN seorang mafia Internasional yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya termasuk dengan kekerasan dan penindasan. (Nilai pengetahun dan budaya : Rogolan adalah Bawang Merah pasca panen yang dipotong daunya).
  • Askip adalah sahabat masa kecil dari Arya Suralaya yang kemudian hari akan menjadi musuh dari Arya Suralaya (BAWANGMAN). (Nilai pengetahuan dan budaya : Askip adalah Bawang Merah pasca panen yang sudah dikeringkan selama satu minggu).
  • Grandong adalah oposisi yang tidak berpihak kepada siapapun termasuk kawan dan lawan. (Nilai pengetahun dan budaya : Grandong adalah nama penyakit pada Bawang Merah).
  • Lateri adalah sahabat dari Grandong  yang akan membantu mengendalikan kekuatan Arya Suralaya, (Nilai Pengetahuan dan budaya : Lateri adalah percikan tanah yang diakibatkan oleh hujan yang menempel pada daun Bawang Merah).
  • Gelagat adalah adalah mantan tentara pasuka Khusus dan sekaligus guru sepiritual dari Arya Suralaya, (Nilai pengetahuan dan budaya : Gelagat adalah suatu tanda alam (cuaca)

3. TUJUAN

Agar generasi muda Khususnya pemuda Kabupaten Brebes tahu sejarah dan budayanya sendiri

Semoga dengan cerita Fiksi ilmiyah BAWANG-MAN SUPERHERO LOKAL ini bisa menumbuhkan kesadaran generasi muda untuk cinta terhadap budayannya sendiri dan bisa menjadi virus positif kepada generasi kita kedepanyan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline