Lihat ke Halaman Asli

Pertanyaan Sederhana yang Membuat Hidup Lebih Berdaya

Diperbarui: 4 Agustus 2015   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya memperhatikan beberapa orang yang di dalam hidupnya mengalami perubahan yang signifikan. Tentunya, perubahan yang saya maksud di sini adalah perubahan hidup yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Ada beberapa kesamaan pertanyaan yang mereka ajukan pada diri mereka sendiri agar hidup mereka lebih berdaya alias ngeyel untuk segera sampai pada kondisi yang mereka inginkan:

  1. APA yang benar-benar saya inginkan dalam hidup ini?
  2. MENGAPA saya harus benar-benar meraihnya?
  3. BAGAIMANA caranya agar saya benar-benar bisa meraihnya?
  4. SIAPA orang yang bisa membantu saya meraihnya?

 Mari kita bahas satu per satu pertanyaan di atas.

1. Saya yakin semua orang ingin sukses, kaya, dan bahagia. Namun yang menarik setiap orang memiliki standar yang berbeda-beda tentang kesuksesan, kekayaan, dan kebahagiaan. Oleh karena itu, kita harus menyelami diri sendiri (reflect more) untuk menemukan standar yang benar-benar kita innginkan.

Saya bantu Anda agar lebih mudah menemukan standar tersebut dengan melengkapi pernyataan berikut: “Saya dikatakan sukses bila …”, “Saya dikatakan kaya bila …”, dan “Saya dikatakan bahagia bila …”. Isilah titik-titik dalam pernyataan tersebut dengan cermat dan tidak perlu terburu-buru untuk benar-benar mengetahui apa yang Anda inginkan.

2. Faktor pendukung terbesar untuk mendapatkan apapun yang kita inginkan adalah alasan yang kuat untuk meraihnya! Alasan yang kuat timbul dari mengejar nikmat dan menghindari sengsara.

Kenikmatan seperti apa yang akan Anda rasakan bila Anda berhasil meraihnya? Kesengsaraan seperti apa yang akan Anda rasakan bila Anda tak kunjung meraihnya? Buat lebih emosional sehingga membuat Anda harus dan wajib meraihnya.

3. Alasan yang kuat saja tidak cukup untuk membuat Anda meraih apapun yang Anda inginkan. Anda harus tahu cara untuk meraihnya! Sudahkah Anda memiliki kebiasaan membaca buku? Mendengarkan CD Audio? Hadir di seminar? Kalau belum, saran saya mulailah memiliki kebiasaan tersebut untuk membuka wawasan Anda tentang banyaknya alternatif cara untuk meraih apapun yang Anda inginkan.

Prinsipnya sederhana: Never Ending Learn & Improvement (N.E.L.I). Jangan pernah berhenti belajar! Kalau kita belum sukses, belajar membuat kita tahu apa yang harus kita lakukan. Bahkan, ketika kita sudah sukses sekalipun kita harus tetap belajar untuk dapat meraih standar baru yang lebih tinggi dari apa yang telah kita raih.

4. Untuk melakukan percepatan di dalam proses menuju ke kondisi hidup yang kita ingikan, cara paling mudah adalah nempel atau belajar langsung ke orang yang telah terlebih dahulu sampai ke kondisi yang kita inginkan. Dengan demikian, kita lebih menghemat waktu untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak seharusnya kita lakukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline