Lihat ke Halaman Asli

Mustofa

Pekerja merangkap mahasiswa

TPA Cipayung Tempat Pembuangan Sampah Warga Depok

Diperbarui: 9 Februari 2023   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lokasi TPA Cipayung Depok (Mustofa/Unsia)

Depok - Tumpukan sampah di Tempat pembuangan akhir (TPA) cipayung terlihat sangat menggunung dan over kapasitas. Minggu 15 Januari 2023. Kota Depok, Jawa Barat

Penyebab TPA cipayung terlihat over kapasitas karena banyak nya peningkatan volume sampah yang datang secara masif dari seluruh wilayah kota depok yang meliputi kecamatan limo, cimanggis, sawangan, bojong gede, pancoran mas dan sekitar nya. Hal ini juga dipengaruhi oleh perayaan tahun baru yang dilakukan oleh masyarakat kota depok sehingga berbagai jenis sampah lebih banyak dari hari biasa.

Menurut informasi yang didapatkan rata-rata dalam sehari TPA cipayung menerima sampah sebanyak 1.100 ton dan ketinggian nya sudah mencapai 23 meter. Banyak nya Sumber sampah ini didominasi oleh Sampah dari rumah tangga, pasar tradisional,  pusat perniagaan, perkantoran, kawasan hiburan, fasilitas publik dan lain nya. Termasuk perayaan malam tahun baru ikut menambah banyak nya jumlah sampah yang dikirim dan ditampung di TPA tersebut.

Bahkan dibulan mei 2022 sempat selama 2 minggu petugas tidak datang untuk mengambil sampah di perumahan dan tempat lain nya hingga sampah menumpuk, dan dibulan januari tanggal 5 juga tidak melakukan pengambilan sampah dikarenakan TPA cipayung sedang mengolah dan mengatur kapasitas tempat supaya bisa menerima kembali sampah dari seluruh wilayah kota depok.

Sedangkan dari komposisi sampah yang ada di TPA cipayung paling banyak didominasi oleh sampah rumah tangga dari sisa makanan, plastik jajanan, kertas, bahan kain, kayu, karet,  kaca dan keramik ada di tempat pembuangan akhir tersebut. Karena sangat banyak nya jenis dan volume sampah tersebut membuat TPA cipayung menjadi over kapasitas dan menggunung.

Dibutuhkan peran serta dan campur tangan pemprov Jawa Barat supaya ada tempat alternatif selain Tempat pembuangan akhir (TPA) cipayung untuk menampung banyak nya berbagai jenis sampah yang datang setiap hari dan terus bertambah banyak. Pemprov juga harus mendorong dan membangun fasilitas dengan teknologi canggih untuk mengolah dan mengurai sampah lama supaya dapat digunakan serta ramah lingkungan.

Dengan adanya teknologi canggih tersebut diharapkan bisa mengurai sampah menjadi sesuatu yang bisa diolah dan bermanfaat, meminimalisir limbah lingkungan, serta sampah tidak berbau sehingga membuat penduduk yang bertempat tinggal disekitar TPA cipayung tetap terjaga kesehatan nya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline