Lihat ke Halaman Asli

Dinamika Ekonomi Pekan Raya Jakarta: Dampaknya pada Pertumbuhan UMKM Lokal

Diperbarui: 6 Juli 2024   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi

KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT - Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair merupakan acara tahunan yang menjadi magnet bagi pengusaha dan konsumen.

Acara yang berlangsung dari 12 Juni hingga 14 Juli 2024 ini tidak hanya menjadi ajang pameran produk-produk unggulan, tetapi juga menjadi tolak ukur penting bagi pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat yang lebih luas.

Berdasarkan data Marketing PT Jakarta International Expo, tahun ini PRJ berhasil menarik lebih dari 2.550 perusahaan untuk berpartisipasi, menawarkan beragam produk mulai dari kuliner khas daerah, produk fashion lokal, hingga inovasi teknologi terbaru.

Partisipasi ini mencerminkan kepercayaan para pelaku usaha terhadap PRJ sebagai platfrom yang efektif untuk mempromosikan produk mereka, serta menunjukkan potensi besar acara ini dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kreativitas di Jakarta.

Salah satu ikon kuliner yang selalu hadir di PRJ adalah kerak telor, makanan tradisional Betawi yang legendaris.

Uta, salah satu pedagang kerak telor, menjelaskan bahwa dampak langsung dari partisipasi dalam acara ini terlihat dalam peningkatan omzet penjualan yang dirasakannya.

"Setelah pandemi, ada peningkatan penjualan yang cukup selama PRJ ini, dari bulan Juni kemarin sampai sekarang. Banyak pengunjung yang ingin mencoba kerak telor karena termasuk kuliner khas Jakarta," jelas Uta dalam wawancara langsung di PRJ, Selasa (2/6/2024).

Hal ini tidak hanya memberikan dorongan finansial yang penting bagi para pelaku usaha kecil, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam memperluas jangkauan pasar.

Menurut Uta, acara seperti PRJ ini harus dimanfaatkan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kehadiran mereka di PRJ, sehingga mendapatkan banyak pengunjung yang datang untuk membeli dagangannya.

Uta menekankan pentingnya strategi promosi yang efektif untuk memaksimalkan manfaat dari partisipasi dalam acara besar seperti PRJ. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline