Identifikasi masalah adalah salah satu proses penelitan yang dapat dijelaskan paling penting dari proses lain. Masalah penelitian akan menentukan kualitas dari penelitian, bahkan juga menentukan apakah suatu kegiatan dapat disebut penelitian atau tidak.
Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah, selanjutnya belajar menganalisis situasi dari berbagai sudut, mengidentifikasi dari apa, mengapa masalah itu muncul dan bagaimana cara mengatasi masalah itu. Dalam situasi ini sangat dibutuhkan tugas pendidik untuk memahami peran mereka dalam situasi berkembang.Setelah peserta didik mengidentifikasi, menganalisis masalah, dan mempertimbangkan masalah, selanjutnya peserta didik itu mengembangkan dan mempraktekkan metode untuk memecahkan masalah.
Pada kondisi ini peserta didik untuk berpikir kreatif, inovatif, dan inspiratif.Sebuah keputusan dibuat untuk memecahkan permasalahan yang disebabkan adanya beberapa pilihan, sedangkan pilihan merupakan suatu perbandingan untuk menghasilkan keputusan yang tuntas. Dalam konteks anak usia dini mengambil keputusan mungkin masih dianggap remeh, tetapi pada dasarnya mengambil keputusan sangatlah perlu di tanamkan sedini mungkin.Berawal dari hal yang sangat sederhana dan sesuai dengan umur serta kemampuan mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H