Lihat ke Halaman Asli

Mustakim Arianto

Seorang mahasiswa semester akhir di Universitas PGRI Madiun

Mahasiswa KKNT UNIPMA Mengadakan Sosialisasi Bina Keluarga Remaja

Diperbarui: 6 Februari 2021   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Menindalanjuti program dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

Saat ini Universitas PGRI Madiun mengadakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bakti Negeri. Acara KKNT ini bisa berjalan karena adanya dukungan dari berbagai pihak maupun stakeholder. Selain itu, KKNT Bakti Negeri Universitas PGRI Madiun juga sudah mendapatkan ijin dari satuan tugas penanganan Covid daerah setempat.

Dengan diberikan pembekalan dan pengarahan kepada mahasiswa, Universitas PGRI Madiun menerjunkan mahasiswanya ke tempat atau lokasi KKNT dengan sistem blended (luring dan daring). Dimana dalam satu kelompok setengah anggotanya turun langsung ke lapangan sedangkan sebagiannya lagi secara daring atau online. Sistem ini dipilih agar tidak terjadi suatu kerumunan masa pada pandemi serta bisa mencegah penyebaran covid.

Dibawah bimbingan Ibu Nur Antika Eky Hastuti, S.Pd., M.Pd, Kelompok 4 sangat antusias dalam melaksanakan program KKNT yang dilaksanakan di Desa Kedungpanji Kecamatan  Lembeyan Kabupaten Magetan. Selain dapat mengamakan salah satu poin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang pengabdian masyarakat, mahasiswa juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memperluasan wawasam pengetahuan dan keterampilan.

Sebelum terjun ke lapangan kelompok 4 sudah mempersiapkan program kerja yang sudah diolah sebelumnya. Salah satunya adalah sosialisasi Bina Keluarga Remaja (BKR).  Program kerja sosialisasi Bina Keluarga Remaja (BKR) tersebut dilaksanakan hari Selasa, 19/1/2021 yang bertempat di Balai Desa Kedungpanji. "Tujuan utama diadakan sosialisasi Bina Keluarga Remaja (BKR) ini adalah Meningkatkan jumlah orang tua yang memiliki remaja yang aktif dalam kegiatan BKR dan komunikasi antara orang tua dan anak" ujar Mustakim Arianto selaku ketua KKNT kelompok 4.

dokpri

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat, sosialisasi Bina Keluarga Remaja (BKR) diikuti oleh seluruh mahasiswa KKNT, Ibu-ibu yang memiliki anak remaja, dan Ibu Indah selaku ketua BPKB serta pemateri . Selain itu, Bapak Sugeng selaku Kades Kedungpanji,Ibu Wati  selaku ibu Kades Kedungpanji, dan Ibu Nafik selaku Ketua Kader.

Sosialisasi Bina Keluarga Remaja (BKR) yang bertema "Tipe Gaya Pengasuhan Pada Anak Remaja" mendapatkan respon yang sangat positif dari pemerintahan Desa Kedungpanji dan warga Desa Kedungpanji. Mengatakan kegiatan ini bagus untuk menumbuhkembangkan  kelompok BKR di kedungpanji, dengan adanya sosialisasi BKR ini diharapkan dapat meningkatnya minat orang tua yang memiliki remaja dalam kegiatan dan pengelolaan Kelompok BKR.

Sosialisasi Bina Keluarga Remaja (BKR) merupakna salah satu program kerja mahasiswa KKNT Bakti Negeri Universitas PGRI Madiun di Desa Kedungpanji, Kecamatan Lembeyan, Kabupate Magetan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline