Lihat ke Halaman Asli

Musni Umar

TERVERIFIKASI

Universitas Bersaing Ketat, Pemerintah Harus Adil

Diperbarui: 13 Februari 2016   09:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Musni Umar didepan Pasca Sarjana UNJ"][/caption] Pada hari Jum’at, 12 Februari 2016, pukul 06.15 saya meninggalkan rumah di Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, menuju Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, yang terletak di jalan Pemuda, Rawamangan, Jakarta Timur, tiba pukul 7.20. Saya kemudian berolah raga dengan berjalan kaki di Jalan Pemuda, lalu berputar dan masuk ke kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan mengelilingi kampus tersebut.

Setelah berputar satu kali, akhirnya saya masuk ke kantin UNJ dan kemmudian memesan juz jambu mix wortel dengan harga Rp 8.000 (delapan ribu rupiah).

Saya menyaksikan beberapa gedung yang sedang dalam taraf pembangunan dan penyelesain. Kemudian saya membandingkan dengan Universitas Indonesia (UI), yang pada Rabu, 10 Februari 2016, saya mengunjunginya dalam rangka legalisasi ijazah. Saya sempat mengelilingi kampus UI dengan naik mobil.

Saya bisa membandingkan antara UNJ dan UI, sama-sama universitas negeri, yang dibiayai oleh pemerintah, tetapi perkembangan UI jauh lebih maju dalam segala bidang.

Pertanyaannya, mengapa UI lebih maju? Setidaknya ada lima alasan. Pertama, nama UI sudah merupakan jaminan, dianggap “hebat dan berkualitas”. Masyarakat sudah memberi cap seperti itu. Semua tamatan SMA, SMK, Aliyah bermimpi masuk di UI.

Kedua, mereka yang pernah belajar di UI merasa bangga, sehingga banyak alumni yang terdorong mendonasikan hartanya untuk membangun UI.

Ketiga, para pejabat dari UI biasanya menggunakan posisi mereka untuk berkontribusi membangun kebesaran UI.

Keempat, mahasiswa UI memperoleh banyak beasiswa dari berbagai lembaga. Pada hal mayoritas mahasiswa UI dari kalangan menengah ke atas.

Kelima, dalam realitas, mereka yang sudah besar semakin dibesarkan, dan yang kecil dibiarkan kecil.
Selain itu, saya bisa memastikan UI mendapat anggaran dari pemerintah jauh lebih besar dibanding UNJ dan universitas negeri lainnya.

Pada masa mendatang, pemerintah diharapkan memberi anggaran yang lebih adil, bukan dalam arti sama rata rasa rasa, tetapi justeru universitas yang belum maju, semakin ditingkatkan anggarannya supaya juga bisa berkembang maju lebih cepat.

Universitas Swasta

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline