Lihat ke Halaman Asli

Musni Umar

TERVERIFIKASI

Pers antara Idealisme dan Pragmatisme

Diperbarui: 10 Februari 2016   08:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sumber foto Harian Kompas"]

 [/caption]

Kemarin tanggal 9 Februari 2016, dunia pers Indonesia bersama Presiden Joko Widodo memeringati Hari Pers Nasional. Setiap memeringati ulang tahun, sebaiknya melakukan introspeksi ke dalam dengan melihat kelemahan dan kekurangan untuk dibenahi dan ditingkatkan.

Selain itu, pers harus pula melakukan introspeksi tentang perannya dalam pembangunan khususnya dalam menciptakan optimisme seluruh bangsa Indonesia.

Dalam masalah peran pers, Presiden Joko Widodo pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2016 di Pantai Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa 9 Februari 2016, telah meminta kepada media supaya menumbuhkan optimisme. Harian Kompas hari ini (10/2/2016) menjadikan berita utama dengan judul “Pers Harus Bangun Optimisme”.

Dalam UU Pers no 40 tahun 1999 disebutkan bahwa pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan meyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia

Pers adalah dunia industri yang menghidupi dirinya dari menjual berita. Pers menghadapi realita antara idealisme dan pragmatisme. Kalau hanya mengandalkan idealisme, maka usianya akan pendek karena publik tidak banyak yang suka membaca berita yang penuh idealisme.

Sebaliknya kalau pers hanya memberitakan yang disukai masyarakat, maka pers dipastikan akan bertahan dan maju jika dikelola secara professional, tetapi isinya bisa tidak mendidik, tidak mencerahkan dan memberi optimime.

Pers sebaiknya Bagaimana?

Sebagai sosiolog dan pendidik, saya menginginkan pers Indonesia menjadi corong yang mencerahkan, menyadarkan, mendidik dan memberi optimisme masyarakat.

Akan tetapi, saya sadar kalau pers melakukan yang saya inginkan, maka sebagaimana dikemukakan di atas, usia sebuah perusahaan media tidak akan bertahan lama karena pembacanya tidak banyak dan tidak ada perusahaan yang mau pasang iklan di media tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline