Lihat ke Halaman Asli

Musni Umar

TERVERIFIKASI

Diskriminasi Pendidikan Anak-anak Rakyat Jelata

Diperbarui: 5 Januari 2016   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Deskripsi rakyat jelata menurut kamusbesar.com adalah rakyat biasa (bukan bangsawan, bukan hartawan), orang kebanyakan.
Sedang sinonim dari rakyat jelata menurut Tesaurus Bahasa Indonesia ialah kaum kromo, kaum marhaen, kaum murba, kaum rendah, kaum bawahan, rakyat biasa, rakyat gembel, rakyat kebanyakan, rakyat marhaen, rakyat murba.

Saya terinspirasi menulis pendidikan rakyat jelata, pertama, refleksi akhir tahun Lembaga Ekonomi LIPI yang mengemukakan bahwa 75 persen tenaga kerja Indonesia (TKI) hanya menyelesaikan pendidikan sekolah dasar (SD), dengan lebih dari 90 persen berkategori tidak memiliki ketrampilan khusus (Republika, 30 Desember 2015).

Kedua, ceramah Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada saat buka puasa bersama Majelis Nasional Kahmi di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan tahun lalu bahwa 76 persen pendidikan rakyat Indonesia tamat sekolah menengah pertama (SMP) dan tidak tamat sekolah dasar (SD).

Dari informasi tersebut dapat dimaknai. Pertama, pendidikan sebagian besar rakyat Indonesia masih rendah. Mereka itu adalah rakyat jelata, rakyat kebanyakan, rakyat marhaen, rakyat gembel.

Kedua, kita belum berhasil mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan rakyat jelata belum mengalami perubahan sesuai amanat pembukaan UUD 1945.

Ketiga, pembangunan selama 32 tahun di era Orde Baru dan 17 tahun di era Orde Reformasi, belum berhasil mengubah peta sosiologis rakyat jelata dari kurang pendidikan menjadi berpendidikan, sehingga masyarakat adil dan makmur yang menjadi cita-cita kemerdekaan Indonesia bagaikan menggantang asap di udara.

Diskriminasi Rakyat Jelata

Para pendiri bangsa Indonesia menyadari bahwa untuk membawa kemajuan seluruh rakyat Indonesia, kuncinya pada pendidikan. Kalimat mencerdaskan kehidupan bangsa menurut saya bahwa seluruh rakyat Indonesia harus dibuat cerdas. Tidak boleh ada yang tidak cerdas.

Tugas negara, siapapun yang memegang kekuasaan, berkewajiban mencerdaskan seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali.
Kunci untuk mencerdaskan seluruh rakyat Indonesia ialah melalui pendidikan. Tidak mungkin ada yang cerdas tanpa mengikuti pendidikan formal atau informal.

Negara memberi keadilan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memperolah pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan dapat ditempuh melalui pendidikan formal, mulai dari sekolah dasar (SD) sampai universitas atau perguruan tinggi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline