Lihat ke Halaman Asli

Musni Umar

TERVERIFIKASI

Aktivis 77/78 Dibayar Berapa Deklarasi Dukung Jokowi-JK?

Diperbarui: 18 Juni 2015   06:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pertanyaan itu diajukan Musfihin Dahlan, Wakil Sekretaris Jenderal DPP partai Golkar kepada Martunus Haris, mantan Ketua Umum HMI Cabang Jakarta sewaktu bertemu dalam buka puasa bersama di kediaman Dr. Akbar Tandjung pada 7 Juli 2014.

Martunus Haris menceritakan hal tersebut kepada saya tadi malam (16/7/2014) ketika bersama-sama menghadiri buka puasa bersama di kediaman Irman Gusman, Ketua DPD RI di Jalan Denpasar Jakarta.

Masalah tersebut dipilih menjadi tajuk dalam tulisan ini, karena ada kebiasaan politik di Indonesia yang harus dikoreksi kalau mendukung salah satu calon pejabat politik seperti calon Bupati/Wakil Wakil Bupati, calon Gubernur/Wakil Gubernur, calon Presiden/wakil Presiden harus dibayar.

Karena cara itu diamalkan, maka tidak heran jika Prabowo Subianto, calon Presiden RI, pernah mengatakan bahwa demokrasi di Indonesia sangat mahal. Pasti sangat mahal, kalau setiap partai politik, ormas, perkumpulan atau komunitas yang memberi dukungan dan menyampaikan deklarasi dukungan harus dibayar, sebab selain itu calon harus mengeluarkan berbagai macam biaya seperti biaya kampanye, membeli bajo kaos, membuat spanduk, biaya iklan di media, honor petugas di sekretariat dan di lapangan, honor saksi di TPS dan lain sebagainya.

Deklarasi Tidak Dibayar

Aktivis 77/78 mendukung Jokowi/JK dengan melakukan deklarasi di Graha Warung Solo, Kemang Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, sama sekali tidak dibayar oleh siapapun. Tempat itu dipinjami dan disediakan makan oleh pemilik restoran yang berasal dari Solo dan merupakan pendukung setia Jokowi sejak menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2012 sampai menjadi calon Presiden RI.

Yang menggunakan tempat itu, berbagai komunitas termasuk para alumni Universitas Indonesia yang melakukan deklarasi mendukung Jokowi-JK. Semuanya gratis dan disediakan makan oleh pemilik restoran.

Aktivis 77/78 tidak mendapat bayaran dari Jokowi-JK dan timnya. Biaya buat spanduk (banner) yang dipasang didepan tempat acara, dan biaya telepon dan kirim sms mengundang untuk menghadiri deklarasi dikumpulkan oleh Irvan Rahardjo, ketua pelaksana deklarasi dukung Jokowi-JK dengan mengedarkan celengan seperti di Masjid atau Gereja kepada teman-teman dan undangan yang menghadiri deklarasi.

Sebelum deklarasi dukung Jokowi-JK, saya memesan puluhan spanduk mini yang bertulis Aktvis 77/78 Dukung Jokowi-JK Pilih dan Coblos No. 2. Sumber dananya dari honor saya ketika menjadi narasumber di JAK TV.

Untuk menghemat biaya, saya dibantu imam Masjid Nurul Huda memasang berbagai spanduk di jalan Abdul Majid Raya, Cipete Selatan, Cilandak dan di Jalan Antarasari Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan membawa tangga dari rumah dan membeli tali rafia.

Pada saat acara deklarasi, saya dibantu Krisnan Moelyono memasang spanduk Aktivis 77/78 di depan gedung tempat pelaksanaan acara deklarasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline