Lihat ke Halaman Asli

Antroplogi Diri Sendiri

Diperbarui: 26 Maret 2016   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

SEBERAPA PENTING MEMPELAJARI ANTROPOLOGI BUDAYA ?
Assalamualaikum WR.WB
Hai semua .. Apa Kabar ? Hmm.. Semoga kabar baik ia buat kita semua ^_^
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai
 Apa itu Antropologi budaya dan Seberapa penting sih Antropologi budaya bagi kita ?
Manusia adalah mahluk social yang terdiri dari berbagai jenis suku, budaya dan bangsa yang beragam. Keingintahuan manusia mempelajari mengenai Asal-usul, yang latar belakangnya menarik perhatian untuk melakukan kajian-kajian i Manusia itu sendiri. Antropologi merupakan satu-satunya ilmu social dan budaya yang mengkaji sifat atau hakikat manusia dari sisi biologi dan Kultural.
Antropologi adalah ilmu membahas tentang manusia baik itu fisik,social dan budaya. Antropologi juga memepelajari mengenai masa lalu dan masa kini, yang menggambarkan manusia melalui pengetahuan ilmu sosial dan ilmu hayati alam, dan juga humaniora. Antropologi berasal dari kata Yunani anthropos) yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti "ilmu" atau”kajian” atau secara etimologis antropologi berarti ilmu yang memelajari manusia.
Nah.. itu hanya sedikit pembahasan mengenai Antropologi Secara umum. Saya akan menjelaskan Apa sebenarnya Antropologi Budaya dan seberapa penting sih antropologi budaya untuk kita pelajari.
1. Antropologi Budaya

Antropologi social dan budaya lebih sering disebut dengan antropologi budaya adalah yang berhubungan dengan apa yang sering disebut dengan etnologi. Ilmu ini mempelajari tentang tingkah laku manusia, baik itu tingkah laku individu (perseorangan) maupun tingkah laku kelompok. Tingkah laku yang dipelajri disini bukan hanya kegiatan yang biasa diamati dengan mata, tetapi juga apa yang ada dalam pikiran mereka.

2. Alasan mempelajari Antropologi

Di Indonesia yang dikenaldengan negara kepulauan memiliki keanekaragaman suku bangsa dan budaya, sehingga tidak dapat dihindari adanya perbedaan dalam hal adat-istiadat, agama, dan bahasa. Banyaknya perbedaan tersebut menuntut kita untuk dapat memahami budaya yang berbeda dengan kita, ketika berinteraksi dengan yang lainnya.
Khususnya Makassar sebagai salah satu kota terbesar di indonesia, yang banyak dihuni dari individu dengan latar belakang budaya yang berbeda, jadi ketika berinteraksi dengan lainnya harus mampu menyesuaikan dengan budaya lainnya. Hal tersebut bisa dilihat ketika seseorang sedang berkomunikasi, berinteraksi, maupun dalam mengamati mata pencaharian orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan dengan daerah pedasaan akan terlihat perbedaan-perbedaan, Oleh karena itu dengan kejadian tersebut, ilmu antropologi dirasa sangatlah penting untuk dipelajari karena selain seseorang(individu) sebagai makhluk sosial, tetapi individu juga sebagai makhluk berkebudayaan dimana dalam kebudayaan terdapat unsur-unsur kebudayaan yang dapat memicu konflik jika salah mengartikan dan tidak mengetahui apa sebenarnya antropologi itu.
Jadi,sangat penting kita mempelajari Antropologi apalagi antroplogi Budaya seperti tadi saya katakana di atas.
Mungkin cuman itu dulu pembahasan saya. Dan berkat saya mempelajari Antropologi saya lebih memerhatikan sekeliling saya setiap harinya. Untuk mengetahui apakah Antropologi setiap tempat itu berbeda? Hehe Seperti kata pak dosen dapatkan sesuatu hal tak perlu banyak Dua atau Tiga itu sudah cukup.
Sekian ^_^
Wassalamualaikum wr.wb

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline