Lihat ke Halaman Asli

Malica Ahmad

Freelancer dan Blogger

Menjadi Content Creator Sukses bersama IndiHome

Diperbarui: 7 Mei 2023   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik.com

Perkembangan internet dengan hadirnya IndiHome di hampir semua wilayah Indonesia memberi peluang terbukanya banyak pekerjaan online, termasuk content creator. Hanya dengan bekerja dari rumah menggunakan internet provider terpercaya, bisa mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas jumlahnya.

Modal untuk bekerja sebagai content creator adalah perangkat seperti laptop atau smartphone dan jaringan internet yang lancar dan kuat. Telkom Indonesia memfasilitasi hal ini dengan terus membangun infrastruktur sehingga mendorong orang-orang yang mempunyai ide kreatif untuk mengembangkan karirnya.

Tips Sukses Menjadi Content Creator

Menjadi content creator adalah pekerjaan kreatif yang selalu dinamis. Perkembangan dunia konten baik dalam bentuk tulisan maupun visual sangat pesat. Karir ini menjadi pilihan banyak orang karena merupakan jenis pekerjaan tidak terikat waktu dan bisa menghasilkan banyak uang.

Seorang content creator juga merupakan influencer yang bisa mempengaruhi banyak orang. saat ini persaingan dunia konten cukup ketat. Jika tidak konsisten menemukan ide, bisa jadi akan ditinggal oleh followers. Sedangkan followers adalah aset bagi seorang content creator. Tips sukses menjadi content creator diantaranya adalah:

Rajin menambah wawasan

Seorang content creator tidak boleh kehabisan ide. Karena itu harus selalu update pengetahuan sehingga terus bisa menghasilkan karya yang menarik, kreatif, orisinil dan bermanfaat. Caranya bisa dengan banyak membaca, menonton, mengamati suatu peristiwa hingga berdiskusi dengan banyak orang.

Menulis semua ide

Ide bisa datang kapan saja, namun juga bisa menghilang segera.  Jangan pernah lupa untuk langsung menulis ide yang muncul tersebut. Kamu bisa menggunakan note dari smartphone atau membawa buku kecil setiap bepergian. Menuliskan ide berarti mengikatnya agar tidak cepat hilang.

Pelajari karakter dan spesifikasi audiens

Bagi seorang content creator, peran audiens atau followers sangat penting. Mereka adalah penikmat konten yang dibuat. Dari mereka secara tidak langsung content creator akan mendapatkan uang. Agar mereka tetap setia menyaksikan tayangan atau konten yang dibuat, pahami karakter dan spesifikasinya.

Berapa rata-rata umur mereka, konten apa yang dicari dan sebagainya. Dengan mengetahui kebutuhan followers mudah menyajikan konten yang tepat sehingga mereka terus setia menanti setiap hasil kerja yang diunggah.

Ikuti trend

Berikutnya seorang content creator harus up to to date. Caranya dengan terus mencari info dengan menggunakan jaringan internet provider yang terpercaya. Sebagai media lintas wilayah, internet bisa menjadi sumber informasi trend yang sedang disuka di seluruh dunia.

Konten orisinil

Berikutnya, buatlah konten yang orisinil. Jangan pernah mengakui karya orang sebagai milik sendiri. Mengamati, meniru dan memodifikasi konten dari kreator lain boleh saja. Namun sebaiknya tetap mempunyai ciri tersendiri sehingga konten yang kamu unggah tetap orisinil dan beda dari lainnya.

Dukungan IndiHome untuk Content Creator

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline