Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Pembelajaran yang Berdiferensiasi di SMPN 2 Labuhan Haji Kab Lotim

Diperbarui: 14 April 2022   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran yang dilakukan di kelas yang memenuhi belajar secara individu. Pembelajaran ini bukan menuntut guru untuk membuat rancangan pembelajaran untuk setiap karakter siswa. 

Pembelajaran berdifrensiasi merupakan yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhanya, karena setiap murid mempunyai  karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberikan perlakuan yang sama. Dalam menerapkan pembelajaran berdiprensiasi guru perlu memberikan tindakan yang berbeda untuk setiap murid. 

Dalam pembelajaran ini yang perlu diperhatikan ada 3 aspek yaitu : 

1. Kesiapan siswa dalam belajar

2. Minat belajar siswa

3. Profil belajar siswa

Untuk memenuhi ketiga aspek tersebut maka ada tiga strategi pembelajaran berdifrensiasi yaitu :

1. Berdifrensiasi konten 

Konten adalah apa yang kita ajarkan kepada murid. Konten dapat dibedakan sebagai tanggapan terhadap kesiapan, minat dan profil belajar murid. 

2. Berdifrensiasi proses

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline