Lihat ke Halaman Asli

Muslifa Aseani

TERVERIFIKASI

Momblogger Lombok

5 Tips Mudik Gratis, Aman, Nyaman, dan Selamat

Diperbarui: 15 April 2023   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perahu kapasitas 12 orang, termasuk boatman,  untuk mudik,  eh,  ngetrip laut ke Pantai Pink Lombok. Dokpri

Senangnya. Tren mudik gratis,  sekarang ada juga di Lombok lho.  Layanan keren pemerintah daerah provinsi NTB ini,  menyediakan mudik gratis ke tiga daerah utama di pulau Sumbawa.  Kota Sumbawa,  Dompu dan Bima. Satu-satunya bagian menyedihkan dari layanan ini,  saya tidak bisa ikut. 

Saya sedang menetap di kota kelahiran saya,  kota Selong di kabupaten Lombok Timur (Lotim).  Meski dilewati jalur mudik gratis,  kota saya hanya berjarak 1.5 jam motoran. Bahkan,  bisa ditempuh 45 menit saja,  kalau motorannya di jam 4 pagi. Pernah saya buktikan sendiri. Gara-gara harus sampai di pantai Senggigi di jam 5.30 pagi. 

Timbang larut dalam kesedihan,  saya mending berbagi 5 tips mudik gratis yang membantu perjalanan Anda aman,  nyaman dan tentu selamat sampai ke kota asal,  juga di trip kembali ke kota rantauan. Apa saja? 

Outfit Nyaman Selama Trip Mudik Gratis

Tunik putih selutut dan legging jeans serta sneaker,  di trip saya dari Lombok,  Sumbawa,  Lunyuk. Dokpri

Seperti catatan saya untuk outfit tarawih, demikian juga yang bisa Anda lakukan untuk outfit mudik.  'Baju gaya'nya,  ntar dipakai pas hari raya saja. Beberapa pertimbangan mendasar:  baju atau setelan yang nyaman,  anti gerah,  maksimal menyerap keringat,  juga tetap stylish. Contoh pilihan outfit dengan dasar tersebut,  diantaranya; 

a.  Tunik katun selutut.  Outfit ini bisa dipadu padan dengan legging, rok,  atau rok celana. Pastikan bahan kain tuniknya dari jenis kain yang menyerap keringat ya. 

b.  Gamis dengan atau tanpa outer. Untuk muslimah yang hijabnya sudah lebar,  biasanya tidak lagi kenakan outer. Namun,  outer tipis atau bahkan hoodie,  bisa juga dipilih. Apalagi trip mudiknya menggunakan kendaraan dengan setelan AC dingin,  juga antisipasi cuaca berangin saat sedang keluar dari kendaraan dan sedang berada di perahu penyeberangan. 

c.  Kaos lengan panjang atau oblong dengan celana atau rok.  Umumnya ini dipilih para remaja putri. Tapi,  ada juga koq mommies yang kenakan kaos. Apalagi kalau memiliki bodi sekeren Sophia Latjuba atau Yuni Shara.  Yunet,  panggilan akrab artis Yuni Shara,  bahkan sempat viral dengan outfit kaos oblong putih dan blue jeans robek-robek yang ia kenakan. 

Yunet dengan oblong putih, jeans robek. Cred. Stylo Grid dot Id

Logistik Dasar,  P3K dan Obat-Obatan Pribadi

Vitamin dan obat asma saya. Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline