Lihat ke Halaman Asli

Muslifa Aseani

TERVERIFIKASI

Momblogger Lombok

Kunjungi Gili-gili Lombok? Lakukan ini!

Diperbarui: 30 September 2016   22:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelangi Gili Kedis. Dokpri

Kini, hampir empat penjuru mata angin di pulau Lombok memiliki gili-gili (gili: pulau kecil, bahasa Sasak Lombok) yang bisa dikunjungi. Pun memiliki magnet wisata hampir seragam. Spot-spot snorkeling atau diving cantik, gosong pasir yang menjanjikan koleksi foto yang highly loveable di Instagram (IG) serta pantai berpasir putih nan kontras di biru turqoise serba bening.

Lantas, apa yang membuatnya berbeda?

Gili Kesun di Barat Daya

Nama Kesun sebenarnya singkatan dari tiga nama gili yang menjadi spot wajib kunjung. Apa saja? Gili Kedis, Gili Sudak dan terakhir, Gili Nanggu. Urut-urutannya tak harus sesuai nama. Bisa Anda konsultasikan dengan boatman yang antarkan trip Anda. Ingin langsung nikmati taman laut yang indah baik dengan snorkeling saja atau diving, Gili Nanggu akan menjadi spot pertama Anda. Tepat di jam makan siang, Gili Sudak di urutan ke-2. Terakhir, sesi foto-foto cantik atau sunset hunting di Gili Kedis (yang terkecil dari Nanggu dan Sudak).

Desa Batu Kijuk Lombok Barat. Dokpri

Range cost perahu mulai dari 350 K idr sampai lebih dengan tambahan masing-masing alat snorkeling seharga 25 K idr per 1 alat (life jacket, masker) dan harga berbeda untuk set perlengkapan diving. Perahu dengan atap pelindung bisa membawa sampai 15 orang termasuk boatman. 

Desa Batu Kijuk Sekotong Lombok Barat (Lobar), desa pesisir yang hampir selalu ramai oleh rombongan trip menuju tiga spot utama ini. Tak perlu sungkan mengobrol dengan siapa pun boatman yang temani trip Anda.

Gili Nanggu yang ramai di musim liburan. Dokpri

Sisi kanan dari gerbang Nanggu. Dokpri

Kesibukan pengunjung di Nanggu. Dokpri

Lunch time menuju Sudak, bubbay dulu Nanggu. Dokpri

Warung Bu Marni di Gili Sudak. Dokpri

Perahu-perahu di perjalanan kembali ke Batu Kijuk. Dokpri

Kedis biasanya menjadi spot terakhir. Dokpri

Gili-Gili di Timur Laut

Kompleks Gili Kondo berada sekitar 1 jam berkendara dari kota saya di Selong Lombok Timur (Lotim). Jika langsung diakses tepat selepas landing di Bandara Internasional Lombok (BIL) di Lombok Tengah (Loteng), Anda butuhkan sekitar 2 jam. Sampai di desa Labuhan Pandan Lotim, tulisan-tulisan penanda arahkan Anda ke gang-gang yang berujung di kampung nelayan. Disinilah bisa dapatkan perahu-perahu yang akan antarkan Anda berkeliling. 

Range sewa perahu tergantung berapa gili yang ingin Anda kunjungi. Namun, spot-spot utama seperti Gili Kondo, Gili Kapal, Gili Bidara dan Gili Petagan. 

Gili Kapal, Kredit: IG @eliyanumamy

Gili Kondo. Kredit: IG @lysyazahara

Jeda setengah jam lebih jauh lagi ke arah timur laut Lombok, jadikan hutan mangrove Gili Sulat dan Gili Lawang Lotim menjadi trip penutup Anda.

Ujung setapak beton Gili Sulat. Dokpri

Ujung setapak beton di Gili Sulat. Dokpri

Menuju Gili Lawang di sisi kiri. Dokpri

Kutandai kau sebagai gili bundaku, *Eh. Dokpri

Gili, Bakau, Laut Biru dan Rinjani. Dokpri

Gili Petelu di Tenggara 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline