Assalamualaikum Wr.Wb.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa saya ingin berbagi yaitu, berawal dari pengalaman saat saya mengajar adalah minat belajar peserta didik yang masih rendah.
Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas VI di SD Negeri 09 Trans Sangat Molo, diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran IPA materi rotasi dan revolusi bumi. Peserta didik juga mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi hal-hal yang menjadi akibat dari adanya rotasi bumi.
Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat belajar peserta didik, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?
Hal ini sangat penting agar pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran IPA materi rotasi bumi, serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas.
Tanggung jawab saya sebagai guru kelas adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi rotasi bumi.
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :
1. Identifikasi masalah yang ada di dalam kelas.