Lihat ke Halaman Asli

Konseling Kelompok Sarana Kita dalam Berproses

Diperbarui: 29 April 2018   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://clubedobutton.com

Konseling kelompok?? Apakah yang terbesit dipikiran anda mengenai hal tersebut? Nah...kali ini saya akan sedikit membahas mengenai manfaat konseling kelompok. Yuk kita simak penjelasannya.

Konseling kelompok merupakan salah satu dari macam-macam jenis konseling. Konseling kelompok menurut Prayitno (2004) layanan konseling kelompok pada dasarnya adalah layanan konseling perorangan yang dilaksanakan didalam suasana kelompok. Disana ada konselor dan ada klien, yaitu para anggota kelompok (yang jumlahnya minimal dua orang).

Dari kegiatan konseling kelompok ini banyak lho manfaat yang didapat anggota konseling dari tujuan konseling kelompok, diantaranya:
Melatih anggota kelompok agar berani berbicara dengan orang banyak.

Nah pada kegiatan konseling kelompok ini para anggota akan diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya, secara tidak langsung maka kita akan terlatih dan terbiasa mengemukakan pendapatnya didepan orang banyak.

Melatih anggota kelompok dapat toleransi terhadap teman sebayanya.

Dengan saling mengemukakan pendapat, yang pastinya ada perbedaan dalam pemikiran antar anggotanya. Disinilah kita diajarkan sikap toleransi akan perbedaan yang muncul dengan memahami, menghormati, dan bersikap bijak akan hal itu.

Dapat mengembangkan bakat dan minat masing-masing anggota kelompok.

Disini para anggota akan saling sharing  dan memberikan usulan-usulan akan apa yang dipermasalahkan. Maka pola pikir, bakat dan minat kita akan berkembang dan terlatih ditambah adanya masukan-masukan dari anggota-anggota konseling dan konselor. Sehingga bakat dan minat yang kita miliki akan berjalan dengan terarah dan berkembang.

Mengentaskan permasalahan -- permasalahan kelompok.

Dengan kegiatan konseling kelompok ini maka permasalahan-permasalan akan cepat terselesaikan karena dipecahkan dan diselesaikan secara bersama-sama dengan  dibimbing oleh konselor, sehingga pemecahan masalah terselesaikan dengan benar dan tepat.

Nah bermanfaatkan kegiatan konseling kelompok ini. Disamping menyelesaikan masalah dengan cepat, kita juga diajarkan dan dilatih untuk aktif, berfikir kritis dan bersikap bijak dalam berbagai persoalan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline