Lihat ke Halaman Asli

MSNEWS

Laman informasi yang diperoleh dari masyarakat

Hadirnya Produk UMKM "Caren" Gula Aren di Hari Jadi Kota Depok ke-22

Diperbarui: 28 April 2021   00:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Depok, Jawa Barat - Bertepatan Hari Jadi Kota Depok ke-22, Pengusaha muda, Maya Carlina meluncurkan produk UMKM, "Caren" Gula Aren.

Wanita dari Depok yang akrab disapa Carly tergabung di HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) & Pemuda Tani HKTI mengumumkan hari Selasa, 27 April 2021 bertepat di Hari Ulang Tahun Kota Depok ke 22 tahun serta HUT HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) ke 48 tahun menjadi momen lahirnya kebangkitan gula aren lokal, Caren.

"Caren hadir dengan membawa cerita dari petani aren  di berbagai pelosok desa di Indonesia yang memiliki cita rasa dan keunikan yang berbeda. Dan menyajikan budaya serta kearifan lokal dalam setiap pengolahan gula aren murni," kata Carly, Depok, Jawa Barat, (Selasa, 27/4/2021).

Carly mengungkapkan, gula arennya di proses dimulai dari penyadapan nira aren hingga pengolahan menjadi gula, lalu dikemas dengan tetap menjaga kualitas. "Terdiri dari 2 kata Care & Aren,  produk ini lahir atas kepedulian untuk  para petani aren, penyadap nira, pengrajin gula di pelosok desa yang pengolahannya masih secara tradisional. Namun, masih minim untuk pemasarannya terutama di era digital saat ini," ujarnya.

Pada zaman kerajaan, terang Carly bahwa minum dengan racikan gula aren sudah menjadi tradisi. Kini tren minuman kombinasi dengan gula aren kembali hadir di setiap coffee shop manapun. Dan banyak diminati kalangan muda bahkan menjadi bagian lifestyle. 

Ini menjadikan potensi kedepan gula aren semakin disukai kalangan millenial. Dikarenakan orang-orang mulai bergeser mengantikan pemanis dengan gula aren. Dengan alasan kesehatan, diketahui gula aren memiliki Indeks Glikemik (IG) 35 separuh dari gula putih.

"Berharap kedepan bisa menaikkan kelas Gula Aren dan memasuki pasar International agar bisa banyak mensupport Olahan para petani Aren di daerah yang perlu sekali pemasaran serta pemberdayaan untuk menjaga kualitas lebih baik," pungkasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline