Lihat ke Halaman Asli

Musa Hasyim

TERVERIFIKASI

M Musa Hasyim

Rindu Ramadhan Jazz Festival dan Pernak-perniknya

Diperbarui: 16 April 2021   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para tim relawan Ramadhan Jazz Festival ke-6 pada 2016 yang lalu. Dokpri

Ramadhan Jazz Festival atau RJF adalah konser jazz yang digelar di bulan Ramadan bertempat di pelataran Masjid Cut Meutia Jakarta. RJF menjadi agenda pertama di dunia yang menggabungkan konsep masjid, musik jazz, dan Ramadan. RJF biasanya digelar selepas salat Tarawih berjemaah. 

Panggung besar akan didirikan di halaman Masjid Cut Meutia. Bagi kalian yang belum tahu, Masjid Cut Meutia merupakan masjid ikonik di Jakarta karena bangunan masjid merupakan peninggalan kolonial Belanda. 

Saya ketika pertama kali melihat bangunan tersebut saja merasa tercenggang, bagaimana bisa gedung perkantoran Belanda yang bersejarah bisa dialihfungsikan menjadi masjid. Sebuah terobosan yang unik dan menarik.

Apalagi masjid yang didominasi warna putih ini letaknya di depan Stasiun Gondangdia, sangat strategis sekali. Pengunjung RJF pun akan diuntungkan oleh posisi masjid.

Tak sebatas penonton yang ingin datang ke RJF, pedagang pun tak mau ketinggalan. Pedagang kaki lima tampak tumpah ruah di jalan raya. Suasana penyanyi jazz ibu kota memeriahkan malam yang semakin larut. Para muda-mudi ibu kota tak mau melewatkan perhelatan akbar tahunan yang dimulai sejak tahun 2010 itu.

Semakin malam, pengunjung semakin ramai di RJF 2016 silam. Dokpri

Pada 2016 silam, saya pernah ikut menjadi salah satu relawan RJF. Bertemu dengan kawan-kawan baru yang memiliki jiwa sosial tinggi merupakan anugerah tersendiri. Sebelum acara dimulai, kami bertemu terlebih dahulu di masjid untuk technical meeting. Saya kedapatan menjadi relawan yang menjaga meja registrasi donasi. 

Tim satu divisi pada RJF 2016. Dokpri

Untuk bisa masuk melihat konser di halaman masjid, panitia telah menjual tiket. Penonton bisa membeli tiket dengan harga yang tidak begitu mahal. Tapi jika kalian tidak punya uang, kalian bisa masuk dengan cara mendonasikan buku. Nah registrasi dengan donasi buku itu adalah bagian saya bersama dua rekan baru saya.

Saya ditugaskan untuk menyortir buku-buku yang didonasikan oleh penonton. Mereka tampak antusias menyaksikan idola mereka beraksi di atas panggung. Kapan lagi menonton konser penyanyi papan atas di ibu kota semurah RJF.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline