Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation materi Kondisi Alam dan Penduduk IPS kelas 9

Diperbarui: 30 September 2022   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi : MTs NU 02 Al Ma’arif Boja

Lingkup Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan keaktifan belajar siswa di dalam kelas

Penulis : Murtadho, S.Pd.

Hari/ Tanggal : Rabu, 14 September 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Metode yang biasa digunakan guru di dalam kelas adalah metode ceramah karena mudah dalam penguasaan kelas. Kenyataannya metode ceramah hanya monoton, tidak ada variasi konsep-konsep utama sehingga membosankan bagi siswa. Metode tanya jawab seharusnya dapat mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat, tetapi kenyataannya hanya didominasi satu dan dua orang yang menjawab pertanyaan. Terlebih guru tidak memanfaatkan media teknologi membuat siswa merasa kurang tertarik dan kurang aktif terhadap pembelajaran di dalam kelas. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah mengupayakan keaktifan seluruh siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas pada materi kondisi alam dan penduduk negara – negara di dunia pada tingkat kelas 9 Madrasah Tsanawiyah.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat.

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebabnya antara lain:

  • Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk materi kondisi alam dan penduduk negara – negara di dunia.
  • Metode - metode pembelajaran yang digunakan oleh guru bersifat membosankan dan kurang variatif dan kurang menuntut keaktifan siswa
  • Model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif
  • Kemampuan guru dalam memotivasi siswa masih rendah ditandai dengan kurangnya penerapan pendekatan saintifik sehingga siswa merasa belum leluasa untuk mengeksplorasi dan mencari pendalaman materi yang disampaikan dari guru.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline