Lihat ke Halaman Asli

Murni Rianti

Pustakawan SMK Yudya Karya Kota Magelang

Susah Be Aa Be Diingusi Saja

Diperbarui: 8 Januari 2023   21:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Buang air besar adalah proses membuang kotoran padat atau setengah padat dari proses sistem pencernaan. Biasanya, buang air besar dilakukan sehari satu kali atau satu kali dalam beberapa hari. Jika proses pencernaan sedang mengalami ganggun,  buang air besar dapat beberapa kali dalam sehari. Juga bisa beberapa kali dalam sebulan.

Proses gerakan buang air besar keluar melalui dubur berkat adanya saraf yang mendorong rangsangan buang air besar bergerak otomatis. Jika hal ini terjadi, sebaiknya jangan ditahan. Menahan kesempatan buang air besar secara alami akan mengecewakan kerja saraf. Saraf akan kecewa jika waktunya buang air besar ditolak.

Kesempatan buang air besar yang tertunda dalam waktu cukup lama, kotoran akan mengeras. Bau akan sangat menyengat ketika berhasil keluar dari tubuh kita. Sebaiknya memang tidak dibiasakan menahan kotoran di dalam tubuh. Jika tidak dikeluarkan, tubuh merasa adanya beban berat karena kerja saraf menjadi berat.

Gangguan kerja saraf yang mengalami hambatan saat akan buang air besar, membuat perut tidak nyaman. Rasa tidak nyaman itu salah satunya rasa mulas. Buang air besar yang seharusnya otomatis, menjadi harus dikeluarkan dengan paksa. Seperti mengejan. Normalnya, ketika kita buang air besar, otot dada, diafragma atau rongga antara perut dan dada, otot dinding abdomen atau perut dan diafragma pelvis sebagai otot dasar panggul menekan saluran cerna. Jika terlalu berat, apalagi be a be menjadi sulit karena ampas makanan mengeras. Cara lain yang bisa kita coba dengan membuang ingus. Meskipun kita tidak sedang pilek.  Cara ini ternyata berhasil setelah beberapa kali pura-pura buang ingus. Kerja saraf perut akan terbantu dengan cara ini. Kiranya jika pas kebetulan terjadi pada seseorang, cara ini bisa dicoba.

Makanan yang memudahkan buang air besar menurut hellosehat buah beri, apel, pepayapisang, alpukat, jeruk, kiwi, plum, pir. Pesan yang disampaikan hellosehat, sambil menunggu jadwal konsul  dokter, beberapa buah dapat dikonsumsi untuk melancarkan BAB. Selain itu hindari makanan yang menyebabkan susah BAB seperti cokelat, produk olahan susu, daging merah, makanan cepat saji, makanan dari olahan biji-bijian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline