Lihat ke Halaman Asli

murni asih

My Son is my life to the jungle and to the future. Don't say you can't do but try before do it, and we will can do the best.

Anak Rewel Anak Tantrum

Diperbarui: 7 Juli 2020   12:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak Rewel (Ora Bisa Disambi)

Hai reader kalian pasti bingung dengan bahasa ora kena disambi, artinya anak yang tidak bisa ditinggal kerja, beberes rumah, g bisa ditinggal barang sebentar saja. Unik si punya anak lain dari pada yang lain, capek sudah pasti, repot sudah pasti. Kamu beralih ke hal lain saja ga bisa loh reader pokoknya hidup lo cuma buat nungguin baby. Asek sih asek saja soalnya hidup aku masih bareng ortu, coba bayangin gimana repotnya kalau ga bareng ortu bisa dipastikan rumah bakalan kotor, kamu ga bisa makan, beol saja ga bisa loh, gimana kamu bisa gerak dan hati lo kudu lapang kaya lapangan sepak bola yang luas. Soalnya kamu pasti bisa kena baby blues soalnya sedih, kesel, jengkel, marah tapi juga tetep happy kadang sedih kadang happy sendiri.

Alasanku kenapa ikut ortu sih simple suamiku ga ada di rumah, dia sedang mengejar mimpi dia. Sebenarnya si ga bolehin tapi apa boleh buat dia mau, sudah saya paksa tapi ga perduli buat apa lagi yang ada malah bikin marah terus tiap hari. Enak si enak tiap bulan tinggal nrima gaji bulanan. Eh malah jadi curhat gaes.

Aku lanjut lagi ya soal anak rewel baiknya di biarin apa diturutin. Kalau menurut aku sih karena anak sudah susah payah kita kandung sebaik mungkin kita turutin selama masih kecil dan belum paham soal aturan mana baik buruk, tapi beranjak usia dua tahun aku coba didik dia dengan disiplin kadang tak biarkan dia menangis sebentar karena ga bisa loh nanti terlanjur apa-apa dipenuhi dia bakalan jadi anak yang selfish mau menang sendiri. Waktu masih kecil si keinget saja kalau pas lagi sakit susah jagainya kalau kita biarkan kadang anak kecil jadi gemetaran nangisnya kan ga tega dia ga bisa ngomong maunya apa. Ada loh kejadian anak yang dibiarkan nangis ahirnya kena tedun karena saat menangis si bayi biasanya mengejan sangat keras hingga membuat otot dan usus di perut turun ke bawah yang menyebabkan anak terkena hernia. Jadi jangan biarkan anakmu menangis terus ya saat masih bayi!.

Belum lagi dia ga mau ikut sama orang lain, iyah mau ga mau aku harus berushaa sendiri menjagainya ga ada yang bisa gantiin kalau aku sedang capek atau repot. Rencananya si mau di sambil kuliah online, berhubung ga bisa disambi iya sudah lah aku legowo saja kuliahku harus kandas ditengah jalan. Aku percaya Tuhan bakalan ngasih jalan lain yang lebih indah setelahnya. Mengurus anak ada keberuntungan tersendiri yang tidak mudah diungkapkan. Kalau anak lagi tantrum baiknya biarkan sebentar nanti dia akan capek sendiri lalu datang meluk kita lagi ko. Anak tantrum itu keinginannya harus dipenuhi saat itu juga ini bisa jadi boomerang saat besar nanti kalau kita tidak pandai-pandai mendidiknya. Sebenarnya si saya ga suka kalau lagi membiarkannya menangis kakek dan neneknya malah mengambil alih agar tidak menangis karena bisa dibilang dia bakalan jadi anak manja karena ada sosok lain yang melindungi. Aku si khawatir kalau besar nanti dia akan mencari sosok yang membuatnya nyaman kalau sedang sedih saat dididik karena kesalahannya.

Itu saja si pengalaman saya memiliki anak yang super duper susah, rewel, gampang nangisan, terus ga bisa diajak kompromi dengan kehidupan sekitar.

Cilacap,  7 Juli 2020
Murniasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline