AKSI NYATA MODUL 2.2
PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
Oleh
Murnasih
Cgp a.10 Kab.Pemalang
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4 indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan serta merefleksikannya.
Adapun dalam merefleksikan kegiatan tersebut kami menggunakan model 4P. dengan pertanyaan pemandu sebagai berikut:
Apa yang Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut? (Peristiwa)
Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)
Apa hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)
Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)
Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)
1. Peristiwa
Hari ini, Sabtu 20 Juli 2024, akhirnya saya telah merealisasikan rencana untuk berbagi pemahaman tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional yang sebelumnya tertunda karena kegiatan belajar mengajar di sekolah sedang libur. Sebelum penyampaian materi berbagi pemahaman, saya awali terlebih dahulu dengan pratik salah satu teknik mindfulness.