Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Jawa di Lingkungan Sekolah SMK Negeri 1 Juwangi

Diperbarui: 18 Juli 2023   07:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Meningkatkan keterampilan berbahasa jawa dilingkungan sekolah SMK Negeri 1 Juwangi

Oleh : Murdiyaningsih, S.PdMeningkatkan keterampilan berbahasa jawa dilingkungan sekolah SMK Negeri 1 Juwangi

Guru SMK Negeri 1 Juwangi

Pembelajaran bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tertulis. Nurgiyantoro (1995 : 274) menyatakan "berbicara adalah aktivitas berbahasa kedua yang dilakukan manusia dalam kehidupan berbahasa, yaitu setelah aktivitas mendengarkan".

Bahasa Jawa adalah bahasa yang sangat kompleks karena harus melihat lawan tutur saat berbicara. Bahasa Jawa ada 2 tingkatan yaitu ragam ngoko dan ragam krama. Pembelajaran bahasa Jawa ragam krama dan ragam ngoko bertujuan agar siswa memiliki keterampilan menggunakan bahasa Jawa dengan menempatkan secara baik dan benar dalam berbagai situasi dan kondisi.

Bagaimana cara menerapkan keterampilan berbahasa jawa yang baik dan benar di lingkungan SMK ? pastinya semua guru terutama peran guru Bahasa jawa. Jika setiap hari siswa sering kita ajak berbicara dengan menggunakan Bahasa jawa krama kususnya,maka dengan sendirinya akan menjadi rutinitas. Selain itu oleh gurunya yang memiliki peran penting sebagai contoh, lebih baiknya sesame guru berbicara dengan Bahasa jawa krama bahkan dengan anak -- anakpun kita biasakan berbicara menggunakan Bahasa jawa krama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline