Lihat ke Halaman Asli

Murato

Mahasiswa

Pelatihan Pengolahan Susu untuk Memberdayakan Masyarakat di Dusun Dukuh

Diperbarui: 19 Juli 2024   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Inovasi Produk Yogurt & Ice Cream Mahasiswa KKN Untag Surabaya. Dusun Dukuh - Desa Petak - Pacet - Mojokerto-dokpri. 

Sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945(Untag) Surabaya mengikuti pelatihan tentang inovasi produk olahan susu. Pelatihanyang berfokus pada membuat yoghurt dan es krim didampingi oleh tiga mahasiswa dari berbagai program studi. Di Dusun Dukuh, Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, ibu-ibu PKK menerima pelatihan ini dengan tujuan memberdayakan masyarakat melalui transfer keterampilan dan pengetahuan.

Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan dan dibantu cara sederhana membuat yogurt dan es krim dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Misalnya, mereka diajarkan bagaimana membuat yogurt dengan mempasteurisasi susu, menambah bakteri, dan kemudian fermentasi. Mereka juga diajarkan membuat es krim dengan bahan dasar susu dan berbagai rasa.

Salah satu upaya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga dan mendorong gaya hidup sehat dengan mengonsumsi susu olahan. Harapannya, setelah program KKN berakhir, warga setempat akan dapat memperoleh keterampilan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline