Lihat ke Halaman Asli

Perusahaan Multinasional dalam Perekonomian Indonesia

Diperbarui: 22 Maret 2024   02:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam perekonomian internasional, perusahaan multinasional atau MNC (Multinational Corporation) adalah sesuatu yang sering dijumpai. MNC adalah perusahaan yang beroperasi di banyak negara di luar negara asal mereka. Mereka memainkan peran penting dalam perekonomian global dengan menjalankan bisnis lintas batas negara, memanfaatkan peluang internasional dalam produksi, pemasaran, dan distribusi. 

Perusahaan multinasional dapat memberikan dampak besar terhadap perekonomian lokal, sering kali mendatangkan investasi, teknologi, dan lapangan kerja, namun juga menimbulkan tantangan seperti potensi dominasi pasar lokal dan pengaruh terhadap kebijakan lokal.
Pendefinisian sebuah perusahaan multinasional yaitu sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis di minimal dua negara. Bisnis apa pun yang memiliki cabang di luar negeri dapat dianggap sebagai perusahaan multinasional. Beberapa pihak akan membatasi definisi ini hanya pada bisnis yang memperoleh setidaknya 25% pendapatannya dari sumber di luar negara asal mereka.
Ada beberapa jenis MNC yang dapat dikategorikan, yaitu:

  • Perusahaan Terdesentralisasi (Decentralized Corporation): Mempertahankan pijakan di negara asalnya sambil mengoperasikan kantor independen dan fasilitas tambahan di seluruh dunia. Karena terdesentralisasi, perusahaan multinasional semacam ini dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat. Setiap kantor menjalankan perusahaan lokal secara independen dan mengambil keputusan sendiri.

  • Perusahaan Global Terpusat (Centralized Global Corporation): Negara asal berfungsi sebagai kantor pusat. Kantor dan operasi domestik dan internasional berada di bawah arahan pejabat eksekutif dan manajemen. Aktivitas besar biasanya memerlukan pelaporan dan persetujuan dari personel di kantor pusat.

  • Divisi internasional perusahaan multinasional, adalah divisi yang bertanggung jawab atas seluruh operasi luar negerinya. Baik di pasar domestik maupun internasional, struktur ini membuat operasional umum dan pengambilan keputusan bisnis menjadi lebih mudah. Namun, ketika aksi korporasi dan konsensus diperlukan, beroperasi secara mandiri atau otonom dapat menimbulkan tantangan.

  • Perusahaan Transnasional: Struktur anak perusahaan induk di mana perusahaan induk mengelola aktivitas anak perusahaannya di negara asalnya dan anak perusahaannya di luar negeri. Sumber daya perusahaan induk, seperti data penelitian dan pengembangan, tersedia untuk cabang perusahaan. Merek yang berbeda dapat digunakan oleh anak perusahaan. Biasanya, perusahaan induk tetap memainkan peran manajerial dalam mengawasi aktivitas perusahaan cabangnya di dalam dan luar negeri.

Apa Saja Risiko yang Dihadapi Perusahaan Multinasional?

Perusahaan multinasional dihadapkan pada risiko yang berkaitan dengan negara dan wilayah tempat mereka beroperasi. Hal ini dapat mencakup risiko peraturan atau hukum, ketidakstabilan politik, index kejahatan dan kekerasan nasional, budaya, dan fluktuasi nilai tukar mata uang.

Di Indonesia, dapat ditemukan beberapa perusahaan multinasional yang beroperasi di skala nasional. Perusahaan internasional dapat melakukan investasi di Indonesia melalui dua cara, PT PMA (PT Penanaman Modal Asing) atau RO (Representative Offices). Mendirikan bisnis di Indonesia dapat dilakukan melalui struktur PT PMA, yang direkomendasikan bagi perusahaan yang ingin memiliki kehadiran resmi di negara ini. 

Dalam upaya untuk menarik lebih banyak investasi bernilai tinggi, pemerintah Indonesia telah menaikkan persyaratan modal disetor minimum bagi investor asing dari 2,5 miliar rupiah (US$174,135) menjadi 10 miliar rupiah (US$696,000).

Sedangkan RO (Representative Offices), adalah cara tercepat dan termudah untuk mendirikan badan hukum di Indonesia. Ini adalah pengaturan sementara; RO tidak diizinkan menandatangani kontrak, melakukan aktivitas komersial apa pun, atau menerima pendapatan apa pun. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline