Lihat ke Halaman Asli

Kerja Sama KKN UNRAM dengan Portir Indonesia dalam Melakukan Penghijauan

Diperbarui: 12 Agustus 2021   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama KKN Tematik UNRAM dengan Portir Indoesia dalam rangka penghijauan di Berugak Numpang Seneng, Desa Bunut Baok, Praya (Dok. pribadi)

Lombok Tengah -- Kelompok KKN Desa Bunut Baok periode 2021 dan Portir Indonesia melakukan kerja sama dalam melakukan penghijauan di sekitar area Berugak Numpang Seneng, Desa Bunut Baok. Portir Indonesia merupakan organisasi internasional yang tidak dinaungi oleh pemerintah atau International Non-Government Organization yang bergerak dalam bidang lingkungan. Organisasi ini menyakini pentingnya perlidungan dalam lingkungan hidup. Portir Indonesia terletak di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya Lombok, Nusa Tenggara Barat. Portir Indonesia yang berada di wilayah Lombok memiliki misi menanam satu juta pohon hingga tahun 2024.

Dalam kesempatan ini Portir Indonesia mengajak  KKN Tematik UNRAM yang berada di Desa Bunut Baok, Praya, Lombok Tengah, setelah mengadakan sosialisasi "SADAR LINGKUNGAN" sebelumnya dengan Narasumber dari Pembina Portir Indonesia sendiri, maka dari sana kami berdiskusi untuk melakukan penghijauan dalam bentuk penanaman tanaman jenis pucuk merah.  Penanaman ini dilakukan di sekitar area Berugak Numpang Seneng yang terletak di Dusun Marung, Desa Bunut Baok.

Proses penanaman tanaman pucuk merah di sekitar area Berugak Numpang Seneng, Desa Bunut Baok (Dok. pribadi)

"Yang kita bicarakan ini adalah bagaimana kita mengeksekusi Bunut Baok menjadi sesuatu" ujar Ibu Maya Suripto selaku Pembina Portir Indonesia. Kemudian dalam menyesuaikan tema yang kami dapat yaitu Pariwisata dan Lingkungan tentu dengan melihat potensi dan masalah yang ada di lingkungan masyarakat yaitu banyaknya sampah dan banyaknya penebangan pohon, hal tersebut tentu dijadikan sebagai fokus utama kami dalam melaksanakan penghijauan Desa Bunut Baok yang berkolaborasi bersama Portir Indonesia. Sesuai dengan tema yang diusung kami melakukan penghijauan yang menjadikan "sesuatu" maka dalam penanaman pohon kami mengubah salah satu tempat, khususnya di Dusun Marung sebagai tempat spot wisata yang dikelilingi oleh pepohonan dan pemandangan kota Praya, tak lupa kami membuat area Berugak Numpang Seneng tersebut menjadi hijau dengan penanaman tanaman pucuk merah sebagai tanaman penghias.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline