Lihat ke Halaman Asli

Mulyo Hartono

Guru dan Melayani Konsultan Guru Online Tanya Jawab Seputar Info Guru

Detik-detik Gerhana Matahari dan Kebiasan Masyarakat

Diperbarui: 26 Desember 2019   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Detik-detik Gerhana Matahari | sumber: olah Pribadi

Gerhana matahari merupakan kejadian alami dan fenomena menarik dalam masyarakat kita. Gerhana yang hari ini terjadi sekitar pukul 12.45 waktu tempat saya sangat unik dan ramai yang melihatnya. Kebiasaan masyarakat sekarang sangat berbeda keyakinannya dengan masyarakat dulu. 

Sekarang ada gerhana matahari ditonton ramai-ramai oleh pemuda dan pemudi dengan selfi dan merekammnya. Saya masih ingat pesan orang tua saya dahulu, jika ada gerhana jangan melihat melainkan menutup mata. Kalau mau melihat menggunakan air di wadah.

Air di wadah | dokpri

Air ditaruh dalam wadah dan kita melihatnya di air. Konon kalau melihat langsung bisa buta, kata orang tua dulu. Menurut ilmu IPA juga benar jika ada sinar ultraviolet yang tajam bisa membutakan mata kita karena kornea mata rusak.

Gerhana Matahari | dokpri

Detik-detik gerhana ditunggu masyarakat dan anak muda di dekat pantai. Dekat pantai tampak jelas sekali perubahan alamnya.

Gerhana Matahari | dokpri

Suasana alam terasa perubahannya seperti mau masuk malam hari. Dari masih cerah terus agak redup.

Gerhana Matahari | dokpri

Posisi inilah gerhana matahari pas di tutupi bulan sinarnya yang ke arah bumi. Jadi wajar kalau bumi gelap sebentar. Rame banget yang menonton sambil berteriak.

Gerhana Matahari | dokpri

Setelah bumi ini gelap sebentar sekitar beberapa detik kembali mulai cerah lagi karena posisi bulan sudah bergeser dari matahari.

Gerhana Matahari | dokpri

Dan akhirnya bumi menjadi terang lagi. Sekarang enak yach momen seperti ini bisa diabadikan dengan handphone kita. Rasanya gak ada yang berperasaan takut dengan fenomena gerhana matahari.

Lantas fenomena apa yang biasa dilakukan masyarakat kita jika ada gerhana matahari. Shalat Gerhana Pastinya, masyarakat kita sebagian banyak yang melakukan shalat gerhana.

Ada juga fenomena budaya masyarakat kita yang masih dilakukan yaitu menyiram pohon kita dengan gula, agar nantinys buahnya manis. Ada juga yang percaya cewek dan cowok yang masih lajang mandi agar cepat dapat jodoh hehe. Fenomena apalagi kawan di daerah kamu?

Baca juga Tempat Sembunyi Ular Yang Jarang Kita Perhatikan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline