Lihat ke Halaman Asli

Mulyo Hartono

Guru dan Melayani Konsultan Guru Online Tanya Jawab Seputar Info Guru

Manfaat Positif dan Negatif Ikut Try Out CPNS

Diperbarui: 17 Desember 2019   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: kompas.com

Pengumuman lolos dan tidaknya administrasi sudah ditampilkan sebagian instansi. Ada yang lolos dan tidak lolos, selamat ya bagi yang lolos banyak belajar. Dan yang belom lolos sabar ini hanya ujian. Setelah pengumuman verifikasi administrasi ini, pasti try out cpns yang diserbu. Baik try out cpns online maupun ofline yang diadakan langsung. Tentu kegiatan try out cpns ini membawa dampak negatif dan positif. 

Semua kegiatan pasti ada dampak positif dan negatifnya. Dampak try out cpns ini menurut saya loh ya. Jika ada yang salah maaf dech, dan jika menurut kalian benar, ya terima kasih.

Kita bahas dampak negatifnya dari try out dulu yach. Ikut try out cpns membuat kita terpaku pada soal-soal yang kita pelajari dan kerjakan saat try out itu. 

Seakan-akan dalam otak kita yang akan keluar nanti pasti soal itu. Kita ingat ya soal itu saja, dan malas belajar lainnya. Mengapa malas, karena kita terpaku pada kunci jawaban pada soal try out. Di soal try out kan sudah ada jawabannya, jadi kita malas mikir, dan pada saat kita tes cpns beneran otak kita jadi tumpul hehehe. Susah dibuat mikir, ini berdasar pengalaman saya loch ya.

Sekarang dampak positifnya, ada positifnya juga kawan. Dampak positifnya adalah kita sudah belajar cara mengisi try out debgan CAT, mengerjakan dengan komputer, mengisi dengan memilih dan di klik. 

Jadi kita tidak canggung saat pegang komputer dan klik jawaban yang kita anggap benar. Kita bisa tes jemampuan kita juga dan yang penting kita saat sudah pernah ikut try out cpns adalah kita bisa membagi waktunya. 

Kita punya pengalaman membagi waktu mengerjakan soalnya, kita bisa bagi waktu persoal berapa menit, gituu...itulah kira-kira dampak positifnya saat kita sudah pernah ikut try out cpns.

Dan yang paling bermanfaat adalah ikut bimbel cara mengerjakan soal cpns. Kita belajar cara mengerjakannya. Itu kan ada tes Intelgensi Umum dan Karakteristik Pribadi. Kalau kita ikut bimbibgan belajar kita bisa mendapatkan ilmunya untuk teknik cepat mengerjakannya. Semoga bermanfaat ya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline