Salam guru penggerak, Mari bergerak, Tergerak, Menggerakan
Mulai dari Diri Sendiri Modul 2.1.e CGP
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan gurunya di masa lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
CGP akan dihadapkan dengan 3 pertanyaan, untuk itu mari kita coba bahas pertanyaa-pertanyaan tersebut.
Apa yang telah anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? adapun yang sudah saya lakukan dalam rangka melayani kemampuan yang berbeda yaitu menerapkan multi strategi dalam proses pembelajaran untuk mengakomodir keberagaman murid dan berbagai strategi yang paling sering saya andalkan adalah pembelajaran berkelompok. Kemudian akan memberikan beberapa alternatif jawaban dan cara yang berbeda, dan tentunya menggunakan pendekatan dan metode serta model pembelajaran yang sesuai dengan keragaman murid dan membentuk kelompok diskusi agar memudahkan dalam menuntun atau membimbing mereka.
Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah bagi murid yang telah saya lakukan yaitu membentuk kelompok belajar untuk murid agar mampu dikontrol dan mudah dibimbing. Dibuat kelompok 3 sampai 4 orang dalam satu kelompok. Dengan adanya kelompok ini akan memudahkan murid dalam memahami pembelajaran.
Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda? Dalam proses pembelajaran tentu ada perlakuan yang berbeda yang saya lakukan misalnya bagi murid yang belum memahami tentunya seorang pendidik harus lebih focus terhadap mereka. Perlakuan tersebut dapat berupa, memberikan perhatian khusus kepada mereka terkait dengan materi yang mungkin mereka kurang paham atau kurang mengerti. Sehingga berdampak positif kepada mereka dengan adanya perhatian khusus tadi misalnya mereka (siswa) semakin bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran dengan dorongan atau motivasi dari kita selaku seorang pemimpin pembelajaran.
Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
Tantangan yang dihadapi adalah kurangnya motivasi belajar murid, seorang guru yang patut digugu atau seorang pemimpin pembelajaran yang baik seharusnya mampu memberikan games-games yang membangun semangat murid, salah satunya adalah kita memberikan ice breaking di awal pembelajaran pada murid serta di akhir pembelajaran dimana kala murid sudah mulai jenuh apalagi pembelajaran ditingkat sekolah dasar.
Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? Menurut saya untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keberagaman murid dan bentuk rancangan pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan serta adanya evaluasi yaitu menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H