Lihat ke Halaman Asli

Mulyadi

Guru SDS Maitreyawira Batam

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran PBL pada Pelajaran Matematika Materi Soal Cerita Bilangan Bulat

Diperbarui: 15 November 2023   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada kesempatan ini, penulis ingin berbagi hasil penerapan Model Pembelajaran PBL di dalam kelas.

Latar Belakang

Hal yang melatarbelakangi praktik pembelajaran ini adalah berdasarkan kondisi yang terjadi di kelas VI SDS Maitreyawira Batam peserta didik memiliki minat yang rendah dalam belajar. Rendahnya minat belajar peseta didik berpengaruh pada rendahnya capaian hasil belajar peserta didik. Hal tersebut tampak dari aktivitas belajar peserta didik dalam melaksanakan  pembelajaran di kelas. Peserta didik nampak kurang aktif di kelas, peserta didik kurang memperhatikan guru saat menjelaskan materi pelajaran, peserta didik sering keluar masuk kelas saat jam pelajaran berlangsung, peserta didik tampak lesu dan tidak bergairah untuk belajar, peserta didik kurang mampu memberikan tanggapan dengan baik, dan hasil evaluasi peserta didik yang rendah.

Dari kondisi di atas masalah yang penulis rumuskan adalah rendahnya minat belajar peserta didik kelas VI  SDS Maitreyawira Batam

Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh beberapa penyebab dari permasalahan, yaitu:

1.Guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat

2.Guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik

3. Guru belum terampil melakukan pembelajaran yang inovatif

4.Guru belum menerapkan soal yang mengarahkan peserta didik untuk berpikir kritis (HOTS)

Dari penyebab permasalahan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa rendahnya minat belajar peserta didik sangat berpengaruh kepada hasil belajar. Oleh kerena itu, guru perlu mencari solusi dan upaya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat. 

Dalam Hal ini penulis ingin mengangkat penelitian dengan judul "Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pelajaran Matematika Materi Soal Cerita Bilangan Bulat di Kelas VI SDS Maitreyawira Batam"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline