Lihat ke Halaman Asli

Mulyadi

Guru SDS Maitreyawira Batam

Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran di Kelas

Diperbarui: 13 November 2023   19:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Salam Guru Hebat semuanya

Dalam proses kegiatan pembelajaran di dalam kelas, terdapat 2 model pembelajaran yang mudah dan sering diterapkan oleh guru-guru di sekolah yaitu Model Pembelajaran PBL(Problem Based Learning) dan PjBL (Project Based Learning). Pada kesempatan ini penulis ingin mengulas lebih dalam mengenai Model Pembelajaran PBL(Problem Based Learning). Ayo disimak

Problem based learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah adalah sebuah metode yang mengenalkan siswa pada suatu kasus yang memiliki keterkaitan dengan materi yang dibahas. Siswa kemudian akan diminta untuk mencari solusi untuk menyelesaikan kasus/masalah tersebut.

Tujuan dari PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep pada permasalahan baru/nyata. selain itu juga untuk mengintegrasikan konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS), meningkatkan keinginan dalam belajar, dan mengarahkan belajar dan keterampilan siswa.

Karakteristik PBL

Karakteristik dalam Problem Based Learning (PBL) antara lain:

1. Masalah digunakan sebagai awal pembelajaran

2. Biasanya masalah yang digunakan merupakan masalah dunia nyata

3. Masalah membuat pembelajar tertantang untuk mendapatkan pembelajaran di ranah pembelajaran yang baru

4. Sangat mengutamakan belajar mandiri dan bebas

5. Memanfaatkan sumber pengetahuan yang bervariasi, tidak dari satu sumber saja 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline