Lihat ke Halaman Asli

Edukasi dan Praktik Membuat Jamu Dengan Siswa/i SDN 06 Cihideung Ilir Bersama PPKO BEM FEM Melalui Pojok Literasi CEPAT

Diperbarui: 23 November 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa/i SDN 06 Cihideung Ilir

       Tim pelaksana PPK BEM FEM IPB University dari pojok literasi CEPAT (Cerdas Peduli Kesehatan) telah melaksanakan kegiatan edukasi sekaligus praktik dalam membuat jamu pada tanggal 23 September 2023 di SDN 06 Cihideung Ilir. kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00 sampai 11.00 dan dihadiri oleh siswa/i kelas IV SDN Cihideung Ilir 06 yang berjumlah 33 orang.

        Kegiatan ini dimulai dengan senam pagi bersama-sama di lapangan, kemudian siswa/i istirahat sejenak sebelum masuk ke kelas. Setelah siswa/i dimobilisasi menuju kelas dan duduk rapi serta berdoa, tim pelaksana melakukan presensi, dilanjut dengan penyampaian materi terkait manfaat olahraga dan manfaat jamu serta kaitannya dengan SDGs nomor 3. Tujuan materi ini disampaikan agar siswa/i memahami apa saja dari manfaat berolahraga serta minum jamu, kami juga memberikan edukasi berupa video serta pengertian bahwa tidak semua jamu itu pahit, karena banyak dari siswa/i yang tidak menyukai jamu dengan alasan bahwa rasanya pahit. Setelah penyampaian materi, tim pelaksana serta volunteer mempraktikan cara membuat jamu yang mudah dengan bahan yang sering ditemui. Terlihat dari respon siswa/i yang sangat baik sehingga siswa/i tertarik untuk mencoba jamu yang telah dibuat tersebut.

        Sebagai penutup siswa/i, volunteer, serta tim pelaksana bersama-sama meminum jamu yang telah dibuat. Tidak lupa dengan operasi semut dan juga membersihkan alat-alat yang telah digunakan sebagai salah satu bentuk penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta penyampaian kesan pesan dari siswa/i sebagai salah satu bentuk feedback bagi tim pelaksana. kegiatan ini diakhiri dengan penutupan, doa bersama, serta dokumentasi sebagai simbol pengabadian momen kebersamaan di kelas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline