Strategi paling jitu untuk memberkan kepuasan pada pelanggan adalah : Perlakukanlah karyawan seperti Anda menginginkan karyawan memperlakukan pelanggan perusahaan. Menuntut karyawan untuk peduli pada pelanggan sama saja artinya dengan menuntut atas untuk wajib peduli pada karyawan. Karyawan akan selalu melihat peran yang dimainkan oleh atasan, jadi baik buruk nya karyawan tergantung atasannya.
Jika atasan bersikap bijaksana maka bawahanpun akan ikut bersikap bijaksana. Berilah contoh ketulusan hati maka karyawanpun akan setulus hati memberikan pelayanan kepada pelanggan. Itu adalah hukum model. Bila pimpinan berfikir karyawan tidak peduli, maka karyawan pun akan menajdi sungguh-sungguh bersikap tidak peduli. Dan yang lebih parah jika karyawan berfikir atasan tidak peduli maka karyawan akan lebih tidak peduli lagi. itulah kunci keberhasilan dalam pelayanan.
Suasana kondusif, menyenangkan dan nyaman ditempat kerja akan mendukung suasana hati karyawan menjadi gembira dan memancarkan aura positif yang mana akan dipancarkan juga kepada pelanggan. "Be Happy, don't worry. Kami mendukung Anda. Perlakukanlah pelanggan dengan baik" itulah kepribadian yang harus dihidupkan dalam perusahaan.
Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H