Lihat ke Halaman Asli

Salah Satu Keberhasilan Implementasi ISO 9001 adalah "Kompetensi"

Diperbarui: 17 Mei 2018   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pimpinan harus mampu melakukan perubahan pada faktor manusia. Pembinaan adalah upaya merubah perilaku karyawan agar memiliki kompetensi yang diperlukan. Kompetensi adalah kombinasi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang perlu dimiliki oleh setiap karyawan agar mau dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan pekerjaannya melalui sistem yang telah dibangun.

Top management bertanggung jawab paling besar dalam hal pembinaan, karena sebagai pemegang tali kebijakan. Ia yang mengetahui persis kebutuhan kompetensi organisasi untuk mengimbangi kecepatan pengembangan usaha sesuai perencanaan strategis. 

Sementara pimpinan ditingkat menegah akan menjembatani harapan direksi dengan menjabarkan sasaran, strategi dan kebijakan menjadi lebih konkrit dan spesifik agar bisa diwujudkan pada tataran operasional. Sedangkan karyawan di tingkat bawah cukup merespons apa yang telah direncanakan di tingkat atas dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai perencanaan pekerjaan dan rancangan sistem.

Jadi intinya tanggung jawav ditingkat menengah adalah menyiapkan personil agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk mendukung realisasi rencana dan sistem pada tingkat efektivitas yang optimal.

Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" By WIlly Susilo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline